Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia dan Swiss Sepakat Kembangkan Energi Terbarukan

Adanya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan produktivitas sumber daya manusia pengelola subsektor energi baru terbarukan di kedua negara.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia dan Swiss menandatangani project arrangement mengenai pengembangan energi baru terbarukan.

Penandatanganan dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) dengan The State Secretariat for Economic Affairs of the Swiss Confederation pada Rabu (2/12/2020).

Project arrangement ini merupakan turunan serta tindak lanjut dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif dan The State Secretariat for Economic Affairs of the Swiss Confederation pada 9 Oktober 2020.

Kepala BPSDM ESDM Prahoro Nurtjahyo mengungkapkan bahwa dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan produktivitas sumber daya manusia pengelola subsektor energi baru terbarukan di kedua negara.

"Dokumen ini menjadi awal dari para pemangku kepentingan di Indonesia dalam rangka terus mempromosikan keberlanjutan dan produktivitas dalam capacity building. Ke depannya tak hanya sektor energi, tetapi kerja sama ini juga akan melibatkan sektor-sektor lainnya," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (3/12/2020).

Lingkup kerja sama mencakup pengembangan pelatihan formal dan nonformal subsektor energi baru terbarukan, kegiatan lainnya dalam ruang lingkup pertukaran pengetahuan dan peningkatan kapasitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper