Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek LRT Jabodebek Tahap I Segera Rampung, Raup Rekor Muri

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal ini sebagai satu prestasi yang harus diapresiasi karena merupakan hasil karya anak bangsa yang makin mandiri
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 12 November 2020  |  03:57 WIB
U-Shape Girder merupakan pondasi struktur bangunan LRT Jabodebek dengan cetakan beton berbentuk huruf
U-Shape Girder merupakan pondasi struktur bangunan LRT Jabodebek dengan cetakan beton berbentuk huruf "U". Untuk pertama kalinya U- Shape Girder digunakan di Indonesia dan lahir di pabrik beton pracetak milik ADHI. Teknologi ini diadopsi dari Prancis. - ADHI.Co.Id
Bisnis.com, JAKARTA – Proyek LRT Jabodebek tahap I akan segera rampung dan meraih rekor Muri  atas inovasi teknologi dalam pembangunan Jembatan Bentang Panjang Dukuh Atas sepanjang 128 meter.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal ini  sebagai satu prestasi yang harus diapresiasi karena merupakan hasil karya anak bangsa yang makin mandiri dan mampu menguasai teknologi perkeretaapian yang maju dan modern. Inovasi seperti ini bisa menjadi contoh bagi proyek pembangunan yang lain.
 
Jembatan bentang panjang Dukuh Atas LRT Jabodebek  di desain dengan bentang asimetris dengan panjang bentang utama yaitu 128 meter dengan menggunakan box girder. Pelaksanaan jembatan Dukuh Atas ini menjadi penutup di antara 10 jembatan bentang panjang yang ada di pembangunan LRT Jabodebek tahap 1.
 
"Ini sekaligus menandai akan rampungnya pembangunan konstruksi LRT Jabodebek tahap I sepanjang  44 Km yang terbagi dalam 3 (tiga) lintas pelayanan, yaitu lintas layanan 1 (Cawang – Cibubur), lintas layanan 2 (Cawang – Dukuh Atas) dan lintas layanan 3 (Cawang – Bekasi Timur)," ujarnya, Rabu (11/11/2020). 
 
Menhub menjabarkan Jabodebek adalah kota aglomerasi yang membutuhkan konektivitas antarmoda yang baik karena menghubungkan beberapa titik penting. Pembangunan moda transportasi modern seperti LRT dan MRT yang mendukung konektivitas tersebut tentunya membutuhkan teknologi yang canggih.
 
Pada kesempatan yang sama turut pula dilakukan penyerahan 3 rekor Muri pada penggunaan U-shape girder yang digunakan pada pembangunan LRT Jabodebek. Pertama, produksi U-shape girder pertama di Indonesia untuk sistem jalur kereta. Kedua, pembangunan jalur kereta dengan struktur U-shape Girder terpanjang. Ketiga, seri pengiriman terberat U-shape girder untuk sistem jalur kereta tanpa kecelakaan.
 
Menhub menambahkan, bahwa semua ini tentunya hasil dari proses pembelajaran, komitmen dan konsistensi bersama, antara Pemerintah Pusat dan BUMN untuk membangun satu sistem  transportasi terintegrasi. 
 
“Saya optimistis dengan kolaborasi Ppmerintah, BUMN dalam membangun infrastruktur transportasi maka proses pembangunan akan lebih mudah dan pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LRT lrt jabodebek
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top