Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mau Mudik Nyaman & Tak Macet? Pengguna Tol Cipali Perhatikan Hal Ini

Jelang libur panjang pada akhir bulan ini, pengguna jalan tol Cipali diprediksi meningkat. Untuk itu, sangat penting upoaya bersama agar perjalanan tetap nyaman dan terhindar dari kemacetan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  23:12 WIB
jalan Tol Cipali di Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat./Antara - Nova Wahyudi
jalan Tol Cipali di Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat./Antara - Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan mengimbau pengguna jalan tol Cipali agar sebelum melakukan perjalanan dapat mengisi saldo uang elektronik (UE) terlebih dahulu untuk menghindari kemacetan.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo menjelaskan satu kartu UE hanya dapat digunakan untuk satu kendaraan. Sistem transaksi di Tol Cipali merupakan sistem tertutup dengan satu kendaraan hanya dapat melakukan transaksi dengan satu kartu UE.

Alhasil, ketika saldo kurang, akan terjadi antrean di gardu tol dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

“Di semua delapan TIP [tempat istirahat dan pelayanan] atau rest area sepanjang ruas tol Cipali yaitu di KM 86, KM 102, KM 130, KM 166 arah Palimanan dan KM 164, KM 130, KM 101 dan KM 86 arah Cikopo terdapat layanan pengisian ulang atau top up uang elektronik melalui merchant dan gerai ATM,” ujarnya pada Selasa (27/10/2020).

Manajemen juga melakukan peningkatan kualitas layanan keselamatan dengan pemasangan wire rope di ruas tol Cipali. Wire rope atau sling baja merupakan salah satu pagar pengaman yang mampu menahan beban kendaraan sampai dengan 80 ton, juga berfungsi sebagai pembatas jalan.

Saat ini wire rope telah terpasang sepanjang 44 km dan dalam progres sepanjang 30 km yang selesai pada akhir 2020. Selanjutnya pemasangan wire rope sepanjang 35km diperkirakan selesai sebelum Lebaran 2021.

“Demi meningkatkan layanan keselamatan, kami sedang melakukan pekerjaan penambahan pemasangan wire rope di beberapa lokasi dan menargetkan sampai dengan akhir 2021 terpasang sepanjang 109 km di semua ruas Tol Cikopo hingga Palimanan yang memiliki panjang 116,75 km,” kata Agung.

Sisanya sepanjang 7 km terdiri atas MCB (median concrete barrier) dan sandaran atau dinding jembatan.

Selain itu, lanjutnya, fasilitas layanan Astra Tol Cipali lainnya tetap dioptimalkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan pada saat libur panjang ini, yang terdiri atas 30 unit gardu exit dan entrance di Gerbang Tol Palimanan dan jika diperlukan disiapkan penambahan 15 unit mobile reader.

Kemudian disiapkan pula 12 unit kendaraan Patroli jalan tol, 6 unit kendaraan patroli Polisi Jalan Raya (PJR), 5 unit kendaraan ambulans, dan 13 unit kendaraan derek.

Tak hanya itu, tersedia 9 unit variable message sign (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang Tol Cipali, 29 unit CCTV yang dapat memantau kecepatan kendaraan selama 24 jam, serta 11 unit lampu tembak yang berfungsi sebagai tanda hati-hati bagi pengendara ketika berada di area blank spot.

Para pengguna jalan juga diminta agar dapat menjaga kondisi kesehatan dan kendaraannya dengan memenuhi batas kecepatan sesuai ketentuan minimal 60 dan maks 100 km/jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol cipali
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top