Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Covid-19 Rontokkan 50 Juta Pekerja di Sektor Wisata

Dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata global bisa memangkas 50 juta pekerja industri pariwisata. Asia terkena dampak yang paling buruk
Pengunjung berwisata mengenakan masker di Kepri Coral, Kota Batam, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. ANTARA
Pengunjung berwisata mengenakan masker di Kepri Coral, Kota Batam, Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. ANTARA

Bisnis.com, SOLO - Pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa bulan terakhir memangkas 50 juta pekerjaan pada sektor pariwisata dunia. Pekerja pariwisata Benua Asia yang paling banyak terdampak pandemi ketimbang benua-benua lainnya.

Direktur Wisata Alam Budaya dan Buatan Kemenparekraf, Alexander Reyaan, mengungkapkan hal tersebut saat membuka Bimbingan Teknis Wisata Alam Budaya dan Buatan dengan Penerapan Protokol CHSE pada Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bimbingan teknis yang berlangsung di Swiss Belhotel Gilingan, Banjarsari, Solo, Jumat (23/10/2020), itu diikuti 50 kaum milenial Soloraya dengan status pelajar dan mahasiswa.

Acara bimbingan teknis terkait sektor pariwisata pada masa pandemi dibuka Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti. Kegiatan itu berlangsung hingga Sabtu (24/10/2020)

Para peserta bimbingan diharapkan menjadi agen-agen yang akan membantu promosi wisata wilayah tempat tinggal masing-masing. Selama bimbingan mereka harus membuat profil dan promosi pariwisata untuk diunggah via media sosial.

Selanjutnya hasil karya mereka akan dinilai oleh narasumber untuk mendapat koreksi dan evaluasi.

“Dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata global bisa memangkas 50 juta pekerjaan industri pariwisata. Asia terkena dampak yang paling buruk,” terang Alexander.

Dari sisi tren, Alexander mengatakan juga telah banyak mengalami perubahan. Wisatawan lebih memilih wisata dalam negeri sendiri, tak melakukan perjalanan luar negeri.

Dampak pandemi Covid-19 juga terasa pada kalangan pekerja pariwisata Tanah Air. Saat ini perkiraannya pekerja pariwisata tinggal 6,5 juta orang dari sebelumnya 13 jutaan.

Dana Hibah

“Sudah, sudah [terjadi]. Karena terasanya [Covid-19] Indonesia kan mulai Maret [2020]. Bahkan untuk tempat-tempat destinasi wisata yang wisatawannya dari Tiongkok sudah terasa sejak Januari-Februari,” sambungnya.

Untuk mendorong menggeliatnya kembali sektor pariwisata Tanah Air yang terdampak pandemi Covid-19, menurut Alexander, Kemenparekraf akan menggelontorkan dana hibah kepada pemerintah kabupaten/kota. Anggarannya sekitar Rp3,3 triliun.

“Unit-unit usaha pariwisata harus bangkit. Maka Kemenparekraf akan menggelontorkan dana hibah kepada pemerintah daerah dan usaha industri. Ini sedang tahap akhir mendistribusikan,” urainya.

Alexander menerangkan industri pariwisata beberapa daerah belum bergerak normal kembali kendati sudah buka kembali sejak Juni-Juli 2020.

Dia mencontohkan pariwisata Bali yang merupakan magnet bagi wisatawan mancanegara.

“Orang Bali itu kulturnya jadi tuan rumah yang baik, bukan wisatawan. Ini kami sedang luncurkan program Bali Bangkit agar terdengar masyarakat atau wisatawan dunia,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kurniawan
Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper