Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hutama Karya Garap Bendungan Bintang Bano Tahap Kedua

Pembangunan tahap kedua ini ditargetkan rampung pada 31 Desember 2021 atau selama 512 hari kerja.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  13:33 WIB
Proyek pembangunan bendungan. - Istimewa/Kementerian PUPR
Proyek pembangunan bendungan. - Istimewa/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) kembali dipercaya oleh pemerintah untuk membangun bendungan terbesar di Nusa Tenggara Barat yakni Bendungan Bintang Bano.

Direktur Operasi II Hutama Karya Novias Nurendra menjelaskan bahwa setelah sebelumnya turut serta dalam pembangunan tahap pertama, kini Hutama Karya melanjutkan pembangunan tahap kedua.

"Pekerjaan yang kami lanjutkan pada tahap kedua ini berupa penyelesaian bendungan utama dan pembangunan saluran pelimpah atau spillway bendungan dengan total nilai kontrak Rp379 miliar di mana porsi Hutama Karya senilai Rp132,6 miliar," ujarnya melalui siaran pers, Senin (19/10/2020).

Bendungan Bintang Bano merupakan salah satu proyek infrastruktur yang menjadi prioritas pemerintah karena termasuk dalam daftar proyek strategis nasional (PSN). Bendungan ini bertipe rockfill dengan random inti tegak setinggi 120 meter dari dasar galian.

Bedungan ini memiliki bentang puncak sepanjang 497 meter dan lebar 12 meter, serta mampu menampung 65,84 juta m3 air. Pembangunan tahap kedua ini ditargetkan rampung pada 31 Desember 2021 atau selama 512 hari kerja.

Pada proyek pembangunan Bendungan Bintang Bano lanjutan ini, lingkup pekerjaan Hutama Karya sebagai kontraktor antara lain adalah pekerjaan galian tanah dan batu, pekerjaan hidromekanikal, pembangunan spillway, dan jembatan spillway, pembangunan jalan akses, normalisasi sungai, pekerjaan shotcrete, pembangunan fasilitas umum dan pekerjaan lanskap.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bendungan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top