Dua Puluh Enam Perusahaan Ikuti Seleksi Mitra Strategis Pengelolaan dan Pengembangan Bandara Internasional Lombok

Sebanyak 26 perusahaan global dan nasional mengikuti tahapan proses aanwijzing seleksi mitra strategis pengelolaan dan pengembangan Bandara Internasional Lombok.
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Foto: Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 26 perusahaan global dan nasional mengikuti tahapan proses aanwijzing seleksi mitra strategis pengelolaan dan pengembangan Bandara Internasional Lombok.

Proses ini merupakan kelanjutan dari proses peminatan dan prakualifikasi seleksi mitra strategis yang telah dibuka sejak 10-29 September 2020 lalu.

Adapun 26 perusahaan yang telah lolos proses prakualifikasi dan mengikuti tahapan proses aanwijzing yaitu: Royal Schiphol, Incheon Airport, Changi Airport, GMR Airport, Malaysia Airport BHD, Munich Airport, Vinci Airport, Fraport, Egis International, Titan Global Group, China Construction, Bechtel Enterprise, Scott Brownrigg, Lotte E&C, CU Phosco, Serco, Itochu Corporation, DAA International, AENA Internacional, AERTEC Solutions, ADP International, Toyota Tsusho, Mitsubishi, ASTRA Infra, Adhi Karya, dan Waskita Karya.

“Kami mengapresiasi tingginya minat dari 26 calon mitra strategis yang berasal dari pengelola bandara terbaik di dunia dan perusahaan infrastruktur terbaik di Indonesia yang memiliki komitmen bersama-sama mengembangkan Bandara Internasional Lombok," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Angkasa Pura I membuka seleksi mitra strategis pengembangan dan pengelolaan Bandara Internasional Lombok yang melingkupi penyediaan dan pengoperasian dengan bentuk D-B-F-O-T (Design-Build- Finance-Operate-Transfer) dengan estimasi jangka waktu 30 tahun.

Adapun perkiraan nilai proyek ini adalah sebesar Rp10,3 triliun dengan pengembalian investasi kerja sama dilaksanakan melalui mekanisme pembayaran oleh pengguna jasa dalam bentuk tarif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Kerja sama strategis pengembangan dan pengelolaan merupakan upaya Angkasa Pura I untuk menjadikan Bandara Internasional Lombok menuju kelas dunia melalui peningkatan fasilitas dan kualitas layanan serta mengembangkan konsep airport city yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari bisnis nonaeronautika.

“Calon mitra nantinya juga diharapkan dapat ikut mempromosikan Lombok sebagai salah satu destinasi pariwisata terbaik yang dimiliki Indonesia kepada dunia sehingga mendukung peningkatan trafik pesawat udara dan wisatawan mancanegara di Tanah Air,” tambah Faik Fahmi.

Adapun tahap selanjutnya setelah proses aanwijzing yaitu melakukan penyusunan dokumen kualifikasi oleh calon mitra (5-9 Oktober 2020), jawaban untuk pertanyaan klarifikasi (19 Oktober 2020), penyerahan dokumen klarifikasi (15 Desember 2020), klarifikasi dokumen kualifikasi yang dikirimkan (10-15 Januari 2021), evaluasi dokumen kualifikasi (16 Desember-28 Januari 2021) dan pengumuman hasil prakualifikasi (29 Januari 2021).

Sebagai informasi, Angkasa Pura I saat ini sedang melakukan pengembangan Bandara Internasional Lombok. Pengembangan ini dilakukan untuk mendukung rencana penyelenggaraan MotoGP tahun 2021 di Mandalika.

Pengembangan dilakukan melalui perpanjangan runway dari sebelumnya hanya 2.750 meter menjadi 3.330 meter dan perluasan terminal menjadi 40 ribu meter persegi yang dapat menampung hingga 7 juta penumpang per tahun dari kapasitas sebelumnya yang hanya mampu menampung 3,25 juta penumpang per tahun.

Hingga minggu ke-33 (29 September - 4 Oktober 2020), progress proyek pengembangan Bandara Internasional Lombok telah mencapai 33,45 persen. Penyelesaian pekerjaan pengembangan ini ditargetkan pada Februari 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper