Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMF Dukung Pembangunan Homestay untuk Pacu Pemulihan Ekonomi

PT Sarana Multigriya Finansial mendorong pembangunan homestay di tiga provinsi untuk mempercepat pemulihan perekonomian.
Ilustrasi homestay di desa wisata./Antara
Ilustrasi homestay di desa wisata./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) kembali merealisasikan Program Kemitraan Pembiayaan Homestay, kali ini di Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor pariwisata di daerah.

Kerja sama tersebut direalisasikan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SMF dan BUMDes Desa Kemuning yang ditandatangani oleh Direktur SMF Trisnadi Yulrisman, dan Direktur BUMDes Kemuning Makmur, Joko Sugiarto, pada Kamis (1/10/2020) di Balai Branti, Desa Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah.

SMF dalam kerja sama  ini berperan sebagai pemberi pembiayaan homestay kepada Masyarakat di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah melalui BUMNDes. Adapun total pembiayaan yang disediakan oleh SMF untuk pengembangan di destinasi wisata di desa tersebut sebesar Rp2,25 miliar.

Direktur PT SMF Trisnadi Yulrisman mengatakan bahwa penyaluran pembiayaan homestay ini merupakan ini bagian dari komitmen SMF untuk ikut mendukung Program PEN yang dicanangkan oleh pemerintah khususnya di sektor pariwisata, melalui pembiayaan homestay.

“Sebagai special mission vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, di tengah pandemi ini SMF berkomitmen memberikan manfaat yang lebih luas.  SMF siap untuk dan didayagunakan untuk mendorong kembali pertumbuhan pariwisata yang sejalan dengan program pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya melalui siaran pers pada Jumat (2/10/2020).

Menurutnya, kerja sama ini dapat menjadi sarana pengambangan potensi wisata di Kabupaten Karanganyar, yang ke depannya dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat serta mendukung Program PEN.

“Kami meyakini bahwa bergeraknya homestay di Desa Kemuning ini akan menjadi salah satu pendorong bergeraknya sektor pariwisata. Selain itu, penyaluran pembiayaan bagi homestay akan menumbuhkan potensi ekonomi baik bagi pemilik homestay maupun masyarakat sekitar,” tuturnya.

Trisnadi menambahkan program pembiayaan homestay ini dapat memberikan dampak dari sisi dampak sosial, karena meningkatkan kualitas aspek kesehatan, pendidikan, pekerjaan, kekayaan, tingkat pendapatan, kualitas hidup, perdagangan, dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya.

"Pembiayaan homestay merupakan salah satu program penugasan khusus kepada SMF dari pemerintah," ucapnya.

Sepanjang 2019, SMF telah bersinergi dengan pera pemangku kepentingan dalam merealisasikan Program Kemitraan berupa Program Pembiayaan Homestay di Destinasi Pariwisata Prioritas yang terletak di Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper