Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dagang-el Meningkat Gara-gara PSBB, Permintaan Cold Storage Ritel Naik

Naiknya aktivitas e-commerce selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ternyata berdampak positif terhadap permintaan cold storage di pasar ritel.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 20 September 2020  |  20:54 WIB
Ilustrasi ruang pendingin atau cold storage. - Bloomberg/Aidan Crawley
Ilustrasi ruang pendingin atau cold storage. - Bloomberg/Aidan Crawley

Bisnis.com, JAKARTA – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar akibat pandemi Covid-19 secara tidak langsung mengerek permintaan cold storage di pasar ritel, berbanding terbalik dengan kondisi di industri logistik. 

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan kebutuhan penggunaan cold storage pada aktivitas logistik menurun akibat pasar hotel, restoran, dan katering karena penurunan aktivitas terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, pada saat bersamaan, terjadi peningkatan kebutuhan untuk pasar ritel yang menyasar konsumen akhir. 
 
"Peningkatan itu terjadi sejalan dengan perubahan gaya hidup dan peningkatan perdagangan secara online. Tantangan dalam penjualan online itu dalam pengantaran produk beku ke konsumen akhir karena volumenya kecil," paparnya kepada Bisnis, Minggu (20/9/2020).

Selain itu, diperlukan investasi cukup tinggi dalam pembangunan cold storage. Pasalnya, investasi dalam pengadaan reefer container, reefer truck, mini/portable cold storage, dan cold box adalah sebuah keharusan.

Menurut Setijadi, diperlukan dukungan penyediaan fasilitas penanganan reefer container di pelabuhan, bandara, dan stasiun/terminal barang kereta. Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk penanganan cold chain juga masih perlu ditingkatkan.

"Selain cold storage, kebutuhan jasa transportasi pendistribusian produk beku (frozen product) terus meningkat. Jasa pelayanan logistik terintegrasi untuk produk beku masih terbuka karena belum banyak perusahaan yang menawarkan layanan tersebut secara end-to-end," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona cold storage Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top