Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Tekan Bisnis, Pelaku Usaha Lakukan Sejumlah Adaptasi

Adaptasi yang dilakukan pelaku usaha baik mikro dan kecil (UMK) dan usaha menengah besar (UMB) antara lain mengurangi jam kerja, deversifikasi usaha, dan pemasaran online.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 15 September 2020  |  12:50 WIB
Ilustrasi e-commerce. - Bisnis
Ilustrasi e-commerce. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pelaku usaha melakukan serangkaian adaptasi untuk bertahan dari tekanan akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan Survei Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha yang dilakukan BPS selama 10-26 Juli 2020, adaptasi yang dilakukan pelaku usaha baik mikro dan kecil (UMK) dan usaha menengah besar (UMB) antara lain mengurangi jam kerja, deversifikasi usaha, dan pemasaran online.

“UMK mengurangi jam kerja [proporsi] 30 persen dan 47 persen UMB. Keputusan PHK biasanya langkah terakhir dalam pilihan pengusaha baik UMK dan UMB,” kata kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers daring, Selasa (15/9/2020).

Untuk diversifikasi usaha, dia menyatakan bisa berupa penambahan jenis produk dan berubah ke usaha lain. Jika dirinci, hanya 16 persen UMK dan 11 persen UMB yang melakukan diversifikasi usaha.

“Kami juga menanyakan dampak pemasaran online, cara yg paling efektif adalah dengan metode ini yang tidak seluruh UMK melakukannya,” ujarnya.

Para pelaku UMK sekitar 83 persen mengakui bahwa mereka merasakan dampak positif terhadap pemasaran online. Senada, 79 persen pelaku UMB juga merasakan dampak positif dari pemasaran online.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top