Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Raih ISO 37001, Antam Komitmen Terapkan Manajemen Antisuap

PT Aneka Tambang Tbk kian ‪berintegritas setelah berhasil memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001 pada akhir Agustus lalu.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 14 September 2020  |  08:00 WIB
Emas ANTAM
Emas ANTAM

Bisnis.com, JAKARTA – PT Aneka Tambang Tbk kian berintegritas setelah berhasil memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001 pada akhir Agustus lalu.   

Sekretaris Perusahaan PT Antam, Kunto Hendraparoko menyampaikan, sertifikasi SMAP merupakan gambaran pelaksaan praktik good corporate governance (GCG) perusahaan tambang itu. 

“Sertifikasi ini didapatkan atas upaya Antam untuk dapat menjalankan bisnis dengan lebih transparan, adil dan zero tolerance terhadap tindakan penyuapan dan fraud,” ujarnya. 

Menurutnya, ketentuan penerapan SMAP berlaku baik untuk Direksi, Dewan Komisaris, pegawai maupun pihak eksternal perusahaan. Adapun pelaksanaan SMAP di Antam tertuang dalam kebijakan Standar 

Sistem Manajemen Anti Penyuapan dan dimonitor melalui whistleblowing system (WBS). Kunto juga menyampaikan bahwa perusahaannya akan terus menerapkan, memelihara dan  meningkatkan kinerja SMAP secara konsisten. 

“Penerapan SMAP merupakan sistem yang membangun budaya dan nilai-nilai Antam. Selain itu juga cerminan pelaksanaan salah satu core value BUMN – AKHLAK, yaitu amanah,” tambahnya. 

Patut diketahui, SMAP merupakan standar Internasional untuk anti penyuapan, ISO/IEC 37001 yang dipublikasikan oleh ISO dan IEC pada 2016 (SNI/ISO 37001:2016). Sertifikasi ini dimaksudkan untuk membantu organisasi menerapkan sistem manajemen anti-penyuapan yang efektif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

antam
Editor : Kahfi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top