Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Komentar HKI tentang Keberadaan Kawasan Superkoridor Pantura

Pemerintah akan mengembangkan kawasan superkoridor pantai utara Jawa, tepatnya di Subang di Jawa Barat dan Batang di Jawa Tengah.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  17:40 WIB
Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.  - Kemenperin
Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. - Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA — Himpunan Kawasan Industri Indonesia menilai keputusan pemerintah yang akan mengembangkan kawasan superkoridor pantai utara Jawa khususnya di Subang dan Batang sudah tepat.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) yang juga Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar menjelaskan bahwa pengembangan kawasan industri di pantai utara Jawa memang sangat dibutuhkan.

"Pemerintah sudah mengambil keputusan tepat, pertama untuk Subang itu lokasinya dekat dengan Pelabuhan Patimban dan untuk Batang memang saat ini masih memanfaatkan Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang," ujarnya kepada Bisnis, Senin (17/8/2020).

Menurutnya, dengan adanya pengembangan kawasan industri oleh pemerintah, tentu investor akan diuntungkan karena fasilitas pendukung mulai dari infrastruktur dasar seperti jalan listrik dan air sudah disediakan di kawasan tersebut.

Kemudian, ada keuntungan lainnya seperti kemudahan regulasi dan perizinan sehingga investor sudah tidak perlu mengurus pembebasan lahan dan perizinan lainnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan di MPR dan DPR menyatakan bahwa pemerintah akan mengembangkan kawasan superkoridor pantai utara Jawa, tepatnya di Subang dan Batang.

Dalam Rancangan APBN 2021 juga disebutkan bahwa pemerintah melalui Kementerian PUPR akan mengucurkan anggaran senilai Rp12,2 triliun guna membangun kawasan industri di dua lokasi, yakni Subang dan Batang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kawasan industri hki
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top