Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bandara Juanda Rutin Lakukan Monitoring Penerapan Protokol Kesehatan

Komitmen penerapan protokol kesehatan dengan taat senantiasa diupayakan, yang terbaru pihak pengelola bandara meningkatkan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di era new normal.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  09:12 WIB
Foto: Dok. Angkasa Pura
Foto: Dok. Angkasa Pura

Bisnis.com, SIDOARJO – Pertumbuhan trafik penerbangan di Bandar Udara Internasional Juanda pasca bertambahnya jam operasional bandara, membuat pengelola bandara yakni PT Angkasa Pura I (Persero) juga beradaptasi.

Komitmen penerapan protokol kesehatan dengan taat senantiasa diupayakan, yang terbaru pihak pengelola bandara meningkatkan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di era new normal. Bandar Udara Internasional Juanda membentuk tim monitoring penerapan protokol kesehatan.

“Ini adalah tim gabungan dari personil bandara yakni terminal inspector, aviation security dan customer services. Tim ini setiap harinya melakukan pengecekan langsung ke seluruh area di terminal minimal 3 kali atau menyesuaikan dengan situasi kondisi di bandara,” ujar Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo General Manager Bandar Udara Internasional Juanda.

Monitoring yang dilakukan tim ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh pengguna jasa kebandarudaraan taat dan tertib dalam menerapkan protokol kesehatan di era new normal dimulai dari penggunaan masker hingga penerapan physical distancing dengan menjaga jarak minimal 1.5 meter.

Pengawasan secara visual juga memanfaatkan teknologi informasi berupa ratusan titik CCTV yang terpusat di sebuah ruang kontrol. "Sehingga tim di lapangan akan lebih mudah dan cepat menuju titik rawan saat terjadi ketidakdisiplinan penerapan physical distancing," ungkap Heru.

Pihaknya menyebut bahwa pada saat beberapa kali dilakukan monitoring memang masih ditemukan pengguna jasa yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Bandar Udara Internasional Juanda.

“Di situlah fungsi dari tim ini, dimana saat di lapangan akan kami ingatkan kepada pengguna jasa secara langsung jika ditemukan pengguna jasa yang tidak menjaga jarak ataupun tidak menggunakan masker sesuai ketentuan protokol kesehatan. Hal ini terus kami lakukan demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan pengguna jasa kebandarudaraan,” ujarnya.

Heru menambahkan pihaknya juga melakukan announcement imbauan penerapan physical distancing dan penggunaan masker. “Saat ini announcement kami lakukan setiap 10 menit, mengingat saat ini jumlah penerbangan telah tumbuh sejak pemberlakuan tambahan jam operasional bandara. Sehingga kami pun lebih giat dan gencar melakukan announcement protokol kesehatan tersebut,” jelasnya.

Selain itu Bandar Udara Internasional Juanda juga terus berupaya memastikan kebersihan pada fasilitas-fasilitas publik seperti Counter Check In, Trolley, Self Check In Machine, SCP (Tray & X-Ray), Toilet, Boarding Pass Scanner, Hand Rail, Armchair dan lain sebagainya di bandara. Pembersihan dilakukan secara rutin dan berkala dengan menggunakan cairan disinfektan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang saat sedang berada di bandara.

Heru juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar displin dalam mengikuti aturan protokol kesehatan yang berlaku di bandara. “Kami sangat berharap bahwa seluruh pengguna jasa kebandarudaraan dapat taat menjalankan protokol kesehatan. Sehingga kita semua dapat berperan mencegah penyebaran Covid-19 demi keselamatan dan kesehatan kita semua,” imbaunya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top