Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pacu Kompetensi SDM, Bantuan BLK Komunitas Tahap I Diluncurkan

Pemerintah menggenjot pelaksanaan BLK Komunitas untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  20:24 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan salah satu Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas pada 2019./Istimewa - Kementerian Ketenagakerjaan
Presiden Joko Widodo meresmikan salah satu Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas pada 2019./Istimewa - Kementerian Ketenagakerjaan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan program bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I 2020 untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Dalam tahap pertama ini, program BLK Komunitas mencakup pembangunan 100 lembaga dari total target 1.000 lembaga.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan program tersebut bertujuan melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill.

Sebagai informasi, BLK Komunitas adalah unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya.

Program ini berfungsi menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sektiar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.

"Dengan BLK Komunitas, santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya diharapkan mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal," kata Ida melalui siaran pers yang diterima Bisnis.com pada Selasa (4/8/2020).

Selama 2017–2019, Kemnaker mendirikan 1.113 BLK Komunitas di berbagai daerah. Pada masa pandemi,

Kemnaker mengurangi kapasitas yang semula dialokasikan untuk 2.000 menjadi 1.000 BLK Komunitas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blk sdm pesantren
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top