Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indef: Vaksin Covid-19 Perlu Subsidi

Harga vaksin Covid-19 yang dipasarkan nantinya harus terjangkau bagi masyarakat. Harga yang lebih murah ini juga penting diberikan terutama bagi produsen vaksin yang melakukan uji klinis di Indonesia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 25 Juli 2020  |  18:22 WIB
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk mencapai efektivitas vaksin bagi semua masyarakat di Indonesia perlu ada harga yang terjangkau baik melalui mekanisme subsidi maupun jaminan sosial.

Peneliti Perdagangan, Investasi dan Industri Indef, Andry Satrio Nugroho mengatakan harga vaksin Covid-19 yang dipasarkan nantinya harus terjangkau bagi masyarakat.

Harga yang lebih murah ini juga penting diberikan terutama bagi produsen vaksin yang melakukan uji klinis di Indonesia.

“Produsen mendapatkan sumber daya genetic dari kita, tentu sebagai kompensasi, ada subsidi harga vaksin dari tingkat produsen,” kata Andry kepada Bisnis, Jumat (24/7/2020).

Dia pun menambahkan, selain subsidi beberapa jalur lain yang perlu diberikan kepada masyarakat adalah akses vaksin melalui jaminan sosial kesehatan yakni BPJS Kesehatan. Misalnya saja, beberapa vaksin anak saat ini sudah bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Oleh sebab itu, melihat urgensinya vaksin Covid-19 akan lebih baik juga bisa ditanggung oleh BPJS.

“Kalau pemerintah keberatan menanggung vaksin semua masyarakat, tinggal integrasikan ke Perlinsos, misalnya, hanya diberikan dalam desil tertentu yang bisa mendapatkan vaksin gratis,” ungkapnya.

Andry juga mengingatkan pentingnya vaksin yang dikembangkan tidak terbatas hanya pada satu produsen saja.

Dia beralasan, hal ini penting juga sebagai preferensial bagi konsumen. Selain itu, keberagaman vaksin bisa membantu menekan harga vaksin agar lebih kompetitif.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto pun menanggapi peluang subsidi atau pembiayaan vaksin melalui BPJS. Dia menyatakan pemerintah menjamin akan menanggung biaya vaksin tersebut bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Nanti [vaksin] dibeli pemerintah,” ungkapnya kepada Bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top