Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Polda Riau Bongkar Sindikat Penyulingan Minyak Ilegal di Dumai

Setiap bulan, kilang ilegal itu mampu mengolah 50 ton minyak mentah menjadi solar dan premium.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Juli 2020  |  15:09 WIB
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi meninjau langsung kilang penyulingan minyak mentah ilegal yang berhasil diungkap jajarannya di Kota Dumai, Minggu (19/7/2020). - ANTARA/Anggi Romadhoni
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi meninjau langsung kilang penyulingan minyak mentah ilegal yang berhasil diungkap jajarannya di Kota Dumai, Minggu (19/7/2020). - ANTARA/Anggi Romadhoni

Bisnis.com, PEKANBARU — Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau berhasil membongkar sindikat kilang penyulingan minyak bumi ilegal yang berlokasi di areal perkebunan sawit pedalaman Kota Dumai.

Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi mengatakan bahwa setiap bulan, kilang ilegal itu mampu mengolah 50 ton minyak mentah menjadi Solar dan Premium.

"Negara dirugikan dari aktivitas penyulingan minyak ilegal ini. Kegiatan ini juga sangat berbahaya karena rawan terbakar dan meledak," katanya di lokasi kilang ilegal tersebut di Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai, Minggu (19/7/2020).

Menurutnya, kilang itu diperkirakan telah beroperasi selama 2 tahun terakhir. Mereka menampung minyak mentah dari para pelaku ilegal tapping atau pencuri emas hitam mentah itu dengan cara mengebor pipa-pipa minyak bertekanan tinggi.

Ada empat tersangka yang berhasil dibekuk dari pengungkapan tersebut. Mereka adalah DA selaku pengelola, AM salah satu pemasok minyak mentah serta dua karyawan BS dan J.

Pengungkapan tersebut merupakan buah kerja keras personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau usai mengungkap rangkaian aksi pencurian minyak sejak November 2019.

Selain berhasil membongkar sindikat pencurian itu hingga ke Sumatra Utara dan Sumatra Barat, kata Agung, ternyata terdapat kilang minyak ilegal yang juga beroperasi di Riau.

"Sebelumnya sudah dilakukan penyelidikan dan dItemukan indikasi pengolahan minyak mentah ilegal ini di Riau, tapi belum tahu di mana," ujarnya.

Hingga akhirnya, pada 2 Juli 2020, jajarannya berhasil menemukan informasi keberadaan kilang ilegal tersebut di Kota Dumai. Polisi pun langsung menggerebek lokasi kilang ilegal tersembunyi dan telah dipasangi garis polisi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tambang ilegal polda riau

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top