Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sempat Molor dari Target, Ruas Tol Depok-Antasari Segera Beroperasi

Rencana pengoperasian seksi 2 tol Depok-Antasari sepanjang 6,30 kilometer beberapa kali mundur dari target yang sebelumnya ditetapkan.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  22:24 WIB
Foto aerial pembangunan jalan tol Antasari-Depok, di Cilandak, Jakarta, Minggu (19/11). - JIBI/Nurul Hidayat
Foto aerial pembangunan jalan tol Antasari-Depok, di Cilandak, Jakarta, Minggu (19/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Citra Waspphutowa selaku anak usaha dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. mengungkapkan seksi 2 ruas Brigif - Sawangan yang menjadi bagian dari jalan tol Depok-Antasari akan segera beroperasi.

"Jalan tol Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif-Sawangan) lajur tol utamanya sudah selesai konstruksinya dan saat ini proses evaluasi laik fungsi," kata Widijanto, Pemimpin Proyek PT Citra Waspphutowa, kepada Bisnis, Senin (22/6/2020).

Ketika dikonfirmasi terkait kendala selama konstruksi, Widijanto menambahkan ketersediaan lahan atau tanah bebas yang dapat dikonstruksi menjadi tantangan dalam pembangunan Tol Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif-Sawangan) ini.

"Utamanya atas objek sengketa para pihak. Solusinya adalah penitipan UGK [Uang Ganti Kerugian] di PN [Pengadilan Negeri] atau konsinyasi," ujarnya.

Dalam catatan Bisnis, rencana pengoperasian seksi 2 tol Depok - Antasari sepanjang 6,30 kilometer beberapa kali mundur dari target yang sebelumnya ditetapkan.

Awalnya, ruas tersebut ditargetkan beroperasi pada Juli 2019. Namun, karena mengalami berbagai hambatan akhirnya target pengoperasian mundur menjadi Februari 2020. Kemudian, kembali mundur hingga ke semester II/2020 ini.

Sebelumnya pengerjaan proyek ruas tol tersebut juga sempat mengalami kecelakaan konstruksi pada Oktober 2019. Hal itu juga diduga jadi salah satu penyebab molornya target pengoperasian.

Jalan tol Depok-Antasari memiliki total keseluruhan panjang 21,60 kilometer yang terbagi ke dalam 3 seksi yaitu seksi 1 Antasari – Brigif sepanjang 5,80 kilometer yang telah beroperasi pada September 2018.

Kemudian, seksi 2 Brigif – Sawangan sepanjang 6,30 kilometer, dan seksi III Sawangan-Bojong Gede sepanjang 9,50 kilometer.

Pengusahaan jalan tol Depok-Antasari dilaksanakan oleh PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) dengan saham mayoritas dimiliki CMNP. Kemudian, PT Waskita Toll Road, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Berdasarkan data yang diterima Bisnis, Kementerian PUPR menargetkan lima ruas tol dapat diresmikan pada Juni-Juli 2020.

Ruas tol yang ditargetkan selesai konstruksi pada Juni 2020 yaitu ruas Depok-Antasari Seksi 2 (Brigif Infanteri-Sawangan), ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang), ruas Manado-Bitung Seksi 1 (Manado-Airmadidi) dan Seksi 2A (Segmen Airmadidi-Kauditan).

Kemudian, pada Juli 2020 yaitu ruas Cimanggis-Cibitung seksi 1A (Cimanggis-Jatikarya), dan Pekanbaru-Kandis-Dumai Seksi 1-6 (Pekanbaru-Dumai). Adapun setelah konstruksi ruas tol rampung, akan dilakukan uji laik fungsi sebelum ruas tol dapat dioperasikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol depok-antasari depok
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top