Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tim HSSE Pertamina Atasi Percikan Api di RU V Balikpapan

Selama proses pemadaman, Pertamina menyiagakan 3 mobil pemadam kebakaran dan 3 unit trailer foam. Percikan api berhasil dipadamkan menggunakan media air dan foam. 
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 20 Juni 2020  |  00:09 WIB
Karyawan Pertamina melakukan pengawasan di fasilitas RU V Balikpapan. Istimewa - Pertamina
Karyawan Pertamina melakukan pengawasan di fasilitas RU V Balikpapan. Istimewa - Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Pertamina berhasil memadamkan percikan api di salah satu area Hydrocracker Unit Plant 3B Refinery Unit (RU) V Balikpapan selama 30 menit. 

Meski sempat muncul flash/percikan api di salah satu area Hydrocracker Unit Plant 3B, kegiatan operasional Kilang Balikpapan tetap berjalan dengan normal.

Selama proses pemadaman, Pertamina menyiagakan 3 mobil pemadam kebakaran dan 3 unit trailer foam. Percikan api berhasil dipadamkan menggunakan media air dan foam. Tim HSSE Pertamina RU V, percikan api yang muncul dapat dipadamkan dalam waktu 30 menit.

Hydrocracker Unit 3B merupakan salah satu sarfas proses sekunder pemilah minyak mentah menjadi varian produk bbm di kilang RU V Balikpapan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, kilang Pertamina Balikpapan tetap beroperasi dan pasokan BBM ke terminal BBM di wilayah Kalimantan dan Indonesia Timur tetap berjalan normal" pungkas Roberth.

Hydrocracker Unit adalah fasilitas untuk memisahkan bahan baku sekunder seperti minyak gas oil menjadi minyak diesel, minyak tanah, dan jet fuel atau bahan bakar pesawat terbang. Dalam prosesnya antara lain menggunakan gas hidrogen sebagai pendingin.

Menurutnya, tidak setiap kilang minyak memiliki fasilitas hydrocracker. Pasalnya, fasilitas ini mampu membuat produk bernilai rendah dengan kadar belerang tinggi menjadi bahan bakar bernilai ekonomi tinggi dengan belerang rendah dan lebih ramah lingkungan seperti yang disyaratkan dunia sekarang.

Saat ini, kilang Pertamina Balikpapan memproduksi minyak mentah menjadi sejumlah bahan bakar dengan kapasitas 260.000 barel per hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top