Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

United Airlines Larang Penumpang Terbang Tanpa Masker

United Airlines Holdings Inc. memberlakukan pendekatan yang lebih ketat dengan melarang penumpang yang menolak menggunakan masker wajah untuk naik pesawat. Kebijakan ini ditempuh di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap gelombang baru infeksi virus corona.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  08:25 WIB
Pesawat maskapai penerbangan United Airlines - Reuters
Pesawat maskapai penerbangan United Airlines - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – United Airlines Holdings Inc. memberlakukan pendekatan yang lebih ketat dengan melarang penumpang yang menolak menggunakan masker wajah untuk naik pesawat. Kebijakan ini ditempuh di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap gelombang baru infeksi virus Corona.

Dalam sebuah pernyataan, mulai 18 Juni, penumpang yang melanggar aturan akan ditempatkan pada daftar hitam perjalanan internal hingga batas waktu yang belum ditentukan sambil menunggu tinjauan insiden komprehensif.

Peraturan tersebut mengecualikan penumpang anak-anak dan orang dengan kondisi medis atau cacat tertentu yang membuat mereka tidak mungkin mengenakan penutup wajah.

Sikap tegas maskapai yang berbasis di AS ini menggarisbawahi dorongan industri penerbangan untuk memastikan penggunaan masker saat penumpang mulai merambah kembali ke pesawat setelah jatuhnya permintaan perjalanan yang disebabkan oleh pandemi virus Corona.

Sebuah kelompok perdagangan, Airlines for America, mengatakan United Airlines dan enam maskapai besar AS lainnya telah sepakat untuk memperkuat komunikasi mengenai penggunaan masker wajah dan memperketat sanksi terhadap pelanggaran.

"Kami telah meminta pelanggan kami untuk mengenakan masker di pesawat United sejak 4 Mei dan kami senang bahwa mayoritas penumpang siap untuk mematuhi," kata Chief Customer Officer United Airlines Toby Enqvist dalam pernyataan itu, seperti dikutip Bloomberg.

"Pengumuman hari ini adalah sinyal bahwa kami siap mengambil langkah serius, jika perlu, untuk melindungi pelanggan dan kru kami," lanjutnya.

Lebih Ramai

United Airlines berharap bahwa kebijakannya tersebut akan tetap berlaku setidaknya selama 60 hari ke depan. Semakin padatnya penerbangan telah memicu keluhan dari penumpang yang tidak puas dan tuduhan bahwa maskapai penerbangan tidak tegas terhadap kebijakan mereka sendiri.

Tetapi United dan American Airlines Group Inc., Delta Air Lines Inc., Southwest Airlines Co., Alaska Airlines, JetBlue Airways Corp, dan Hawaiian Airlines akan "memberlakukan secara tegas" aturan pengenaan masker, kata Airlines for America.

"Maskapai penerbangan AS sangat serius terhadap kewajiban penggunaan masker dalam penerbangan mereka," kata presiden Airlines for America, Nicholas Calio, dalam sebuah pernyataan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

united airlines Virus Corona Protokol Pencegahan Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top