Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ASDP Lakukan Rekayasa Atrean Urai Macet di Pelabuhan Padangbai

Kementerian Perhubungan menyebutkan telah dilakukan rekayasa di Pelabuhan Padangbai, Bali untuk memperlancar arus orang dan barang ke Lombok usai insiden kandasnya kapal di Dermaga II Padangbai, Jumat (12/6/2020) malam.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 14 Juni 2020  |  16:46 WIB
KMP Dharma Rucitra III kandas di Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Sabtu (13/6/2020). Kapal yang berada dalam posisi miring karena diduga mengalami kebocoran lambung kapal ketika akan bersandar di Pelabuhan Padangbai pada Jumat (12/6) malam. - Antara / Fikri Yusuf
KMP Dharma Rucitra III kandas di Dermaga 2 Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Sabtu (13/6/2020). Kapal yang berada dalam posisi miring karena diduga mengalami kebocoran lambung kapal ketika akan bersandar di Pelabuhan Padangbai pada Jumat (12/6) malam. - Antara / Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengoperasikan satu dermaga untuk penyeberangan dari Padangbai, Bali – Lebar, Lombok.

Pengoperasian ini setelah pada Jumat (12/6/2020), pelabuhan ditutup akibat kandasnya KMP. Dharma Rucitra III milik PT. Dharma Lautan Utama di Dermaga II Padangbai.

“Sejak Sabtu (13/6) kemarin [sudah pengoperasian kembali], karena KMP. Dharma Rucitra III kandasnya di dermaga II, maka dermaga II ditutup sementara dan hanya 1 dermaga saja yang beroperasi. Dermaga 2 akan ditutup sampai kapal dapat dipindahkan dari titik lokasi kandasnya,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Minggu (14/6/2020).

Meski begitu, kata Budi, pelayanan operasional di dermaga I tetap dibuka untuk mengurangi antrean kendaraan.

Penyesuaian operasional ini, sempat membuat antrean kendaraan masuk sejak Sabtu pagi sampai sore. Namun dengan pemecahan pelayanan, kondisi di lapangan mulai berkurang antreannya.

Lintasan Padangbai-Lembar sendiri merupakan lintasan yang cukup banyak melayani angkutan logistik maupun penumpang dari Bali ke Lombok.

"Jadi harapan kami semoga musibah ini dapat segera diatasi dan ditangani, terlebih kapal yang kandas dapat segera dipindah sehingga pelayanan di Padangbai-Lembar berangsur pulih kembali dan dapat melayani maksimal dengan 2 dermaga nantinya,"harapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lombok kapal tenggelam pelabuhan padangbai
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top