Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

New Normal, Begini Strategi Pemerintah Bangkitkan Sektor Pariwisata

pemerintah akan meningkatkan porsi penerimaan negara dari wisatawan domesik menjadi 70 persen serta mendorong kedatangan wisatawan asing kelas A dan B.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  17:36 WIB
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf\n
Suasana kawasan wisata Pantai Kuta yang ditutup sementara tampak lengang di Badung, Bali, Minggu (31/5/2020). Salah satu destinasi pariwisata utama di Pulau Dewata tersebut masih ditutup dari aktivitas masyarakat dan kunjungan wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan terus mendorong kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, sektor itu mampu menyerap banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan ada beberapa langkah yang akan dilakukan pemerintah untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini turut terdampak pandemi virus Corona (Covid-19).

Luhut mengungkapkan bahwa pemerintah akan meningkatkan porsi penerimaan negara dari wisatawan domesik yang semula 55 persen, naik menjadi 70 persen serta mendorong kedatangan wisatawan asing kelas A dan B.

"Kita mengurangi turis-turis kelas C. Dari survei tren menunjukkan lebih banyak turis yang berada yang akan datang ke Indonesia. Oleh karena itu persiapan kita juga harus baik," kata Luhut dalam diskusi virtual dengan tema Penyediaan dan Akses Permodalan bagi UMKM Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat (12/6/2020).

Khusus untuk wisatawan domestik, Luhut menyatakan pemerintah telah menyiapkan empat program yaitu In City Activation, Staycation, Roadtrip, dan Epic Sale.

Lebih lanjut, dia menyatakan pemerintah juga terus mempercepat pengembangan desa wisata berdasarkan pilihan produk dan menampilkan produk kreatif buatan masyarakat desa untuk memajukan UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dia mengungkapkan bahwa saat ini sebanyak 10 desa di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara telah menjadi Desa Wisata dan dapat dijadikan contoh bagi desa-desa di kawasan lainnya.

Menko Luhut juga mengatakan bahwa program kartu prakerja dan pelatihan gratis bagi sumber daya manusia juga penting bagi pengembangan UMKM di sektor pariwisata.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata umkm Luhut Pandjaitan New Normal
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top