Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Tirta II Siapkan Antisipasi Skenario New Normal

Skenario new normal dilakukan agar pengelolaan sumber daya air tetap berjalan untuk menjaga ketahanan panangan dan energi.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  19:57 WIB
Waduk Jatiluhur. - Bisnis
Waduk Jatiluhur. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA  – Perum Jasa Tirta II menyatakan  telah menyiapkan protokol khusus untuk mengantisipasi skenario The New Normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Perusahaan tetap melaksanakan operasional pengusahaan dan pengelolaan Sumber Daya Aair secara normal dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

Protokol disusun oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sebagai acuan untuk melindungi dan mencegah penyebaran Covid-19 bagi karyawan, pelanggan dan pemangku kepentingan lain. Skenario New Normal disebut sesuai arahan dari Menteri BUMN dalam surat Nomor: S-336/MBU/05/2020  tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Direktur Utama Jasa Tirta II U. Saefudin Noer mengatakan selama pandemi virus corona, Jasa Tirta II sebagai BUMN pengelola sumber daya air tetap menjalankan operasional guna menjaga ketahanan pangan dan energi. Jasa Tirta II mengoperasikan secara penuh  pekerjaan kritikal seperti pemberian air untuk irigasi, air baku dan pembangkitan PLTA.

“Tentu kita tetap memperhatikan kesehatan, keselamatan dan keamanan karyawan,” jelas Saefudin melalui siaran pers, Rabu (20/5/2020).

Protokol pencegahan Covid-19 antara lain  pengukuran suhu tubuh, wajib penggunaan masker, physical distancing, penempatan hand sanitizer bagi karyawan dan tamu. 

Selanjutnya  penyediaan antar jemput karyawan, penyelenggaraan rapat melalui video conference, pelaksanaan rapid test, mekanisme pengadaan barang/jasa secara online. Protokol-protokol tersebut sudah disosialisasikan di seluruh wilayah kerja dan melalui media sosial Jasa Tirta II. 

Saefudin menerangkan, dalam menghadapi skenario The New Normal, Jasa Tirta II siap mendukung upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap melaksanakan pengusahaan dan pengelolaan sumber daya air. 

Jasa Tirta juga  perlahan membuka Kawasan Wisata Jatiluhur, Water & Renewable Energy Learning Center, dan pelaksanaan Work From Office dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Namun demikian, Saefudin mengatakan implementasi protokol The New Normal menyesuaikan dengan Kebijakan pemerintah pusat maupun provinsi/kabupaten/kota sesuai kondisi setempat.  Antisipasi skenario The New Normal baru akan diajukan ke Kementerian BUMN tanggal 25 Mei 2020. 

“Protokol The New Normal BUMN memperhatikan penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar [PSBB] dan menunggu keputusan pemerintah. Belum ada tanggal pasti pemberlakukan protokol ini, baik mengenai kapan karyawan harus bekerja dari kantor dan kriteria siapa saja yang harus bekerja dari kantor,” tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perum jasa tirta ii waduk jatiluhur
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top