Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ASDP Siap Angkut Penumpang Dengan Tujuan Khusus

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pihaknya akan mengangkut penumpang kembali jika sudah ada izin dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 07 Mei 2020  |  21:00 WIB
Petuga ASDP mengatur kendaraan pribadi yang akan masuk ke dalam kapal Port Link di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten Jumat (31/5/2019) - Bisnis/David Eka Issetiabudi
Petuga ASDP mengatur kendaraan pribadi yang akan masuk ke dalam kapal Port Link di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten Jumat (31/5/2019) - Bisnis/David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap kembali mengangkut penumpang secara terbatas setelah adanya edaran dari Gugus Tugas yang mengizinkan mobilisasi massa dengan tujuan khusus.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pihaknya akan mengangkut penumpang kembali jika sudah ada izin dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

"Prinsipnya, kami menyeberangkan atau tidak menyeberangkan berdasarkan clearance dari Gugus Tugas," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (7/5/2020).

Selama ini pun, terangnya, sudah ada pengecualian yang dibolehkan oleh Gugus Tugas, misalnya anggota keluarga meninggal, dan petugas negara.

Lebih lanjut, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Imelda Alini mengatakan sesuai dengan SE Gugus Tugas No 4/2020, pelayanan penyeberangan akan tetap diberikan bagi lembaga atau instansi yang berhubungan dengan percepatan penanganan Covid-19 seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, Pegawai BUMN, Lembaga Usaha, NGO yang semuanya berhubungan dengan penanganan Covid-19 dengan pembuktian surat tugas/dinas.

"Ini juga termasuk bagi masyarakat yang mengalami musibah dan kemalangan dengan menunjukkan bukti surat keterangan kematian dari lingkungan setempat serta harus memiliki surat keterangan sehat dari instansi kesehatan saat akan melakukan perjalanan," katanya.

ASDP terangnya, mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar dapat mengikuti aturan Pemerintah untuk tidak melakukan perjalanan mudik pada tahun ini, dan tetap berada di rumah demi menekan penyebaran Covid-19 lebih meluas lagi.

Selaku penyedia jasa penyeberangan dan pelabuhan, pihaknya, akan selalu mendukung dan memfasilitasi kebutuhan akses transportasi khususnya dalam percepatan penanganan Covid-19.

Sebelumnya, ASDP tetap membuka hanya untuk layanan angkutan logistik dalam mendukung pelayanan kebutuhan dasar, termasuk kendaraan pengangkut alat medis dan kendaraan jenazah. ASDP juga memastikan kegiatan pelayanan yang dilakukan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun untuk pelaksanaan screening pada lokasi check point di lapangan, berdasarkan Permenhub 25/2020 merupakan kewenangan aparat Kepolisian bersama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penumpang asdp ferry
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top