Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Pusatkan Kepulangan TKI di Satu Lokasi

Menhub Budi Kayar juga berkoordinasi secara intensif dengan Kemenlu untuk pemulangan TKI ini.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 27 April 2020  |  15:03 WIB
Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) terdampak perpanjangan masa
Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) terdampak perpanjangan masa "Lockdown" di Malaysia tiba di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai di Dumai, Riau, Jumat (27/3/2020). Sebanyak 64 WNI dari Malaysia tiba di Dumai setelah melakukan transit lewat Tanjung Balai Karimun Kepri akibat terdampak perpanjangan masa Lockdown hingga 14 April 2020 terkait pandemi wabah COVID-19 di negara tersebut. - ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan kepulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari 150 perusahaan di tengah pandemi Covid-19 akan difokuskan pada satu titik kedatangan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku sudah banyak berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait situasi terkini penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 ini.

"[Saya] dengan Menteri Luar Negeri [Rento Marsudi] berkoordinasi tentang kebutuhan logistik beberapa negara dan kepulangan tenaga kerja, yang sedang diurus 150 perusahaan swasta prosesnya itu dari macam-macam negara. Di tempat kami sudah selesai, saya usulkan pak Doni Munardo [Kepala BNPB] agar ini satu pintu saja kepulangannya," jelasnya, Senin (27/4/2020).

Dia menuturkan jangan dibiarkan para TKI ini kembali ke Indonesia melalui berbagai pintu masuk di berbagai daerah. Pihaknya juga berkoordinasi secara intensif dengan Kemenlu untuk pemulangan TKI ini.

Budi menegaskan pemerintah menerapkan terdapat enam klaster kepulangan WNI yang bekerja di luar negeri yakni, klaster Amerika Serikat, Jepang, Korea, China, Timur Tengah, dan Eropa.

"Kita hanya menyiapkan satu tempat penerbangan menuju Jakarta. Nanti di Jakarta protokol kesehatan silakan lakukan. Tugas KBRI atau siapapun pihak yang kumpulkan ke titik itu. saya sudah bicara intensif dengan Menlu," ujarnya.

Dia menegaskan pemulangan TKI ini dapat terjadi hingga tiga hari ke depan sehingga persiapan harus matang dan melalui satu pintu masuk dari luar negeri ke Jakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top