Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kondisi Terkini KM Lambelu, 15 Kru Negatif Corona

Dua kru lainnya positif dan telah dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Dadi Makassar, Sulawesi Selatan guna mendapat perawatan intensif.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 April 2020  |  17:17 WIB
Tim medis menaiki tangga Kapal Motor (KM) Lambelu yang bersandar di dermaga terminal peti kemas Pelabuhan Makassar, Selasa (14/4/2020). Beberapa kru kapal tersebut terpapar Covid-19 sehingga kapal beserta kru di karantina. Sebelumnya kapal tersebut lego jangkar diluar Pelabuhan Makassar sekitar 2 mil laut. Bisnis - Paulus Tandi Bone
Tim medis menaiki tangga Kapal Motor (KM) Lambelu yang bersandar di dermaga terminal peti kemas Pelabuhan Makassar, Selasa (14/4/2020). Beberapa kru kapal tersebut terpapar Covid-19 sehingga kapal beserta kru di karantina. Sebelumnya kapal tersebut lego jangkar diluar Pelabuhan Makassar sekitar 2 mil laut. Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memastikan sebanyak 15 dari 17 orang kru KM Lambelu yang diturunkan dari kapal dinyatakan negatif dari paparan Covid-19.

Kepala Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan dua kru lainnya positif dan telah dirujuk ke Rumah Sakit Khusus Dadi Makassar, Sulawesi Selatan guna mendapat perawatan intensif.

"Sebanyak 15 orang kru KM Lambelu yang dinyatakan negatif Covid-19 ini sudah dialihkan ke hotel Swissbell untuk beristirahat sementara, sambil menunggu perkembangan selanjutnya," kata Yahya, Kamis (23/4/2020).

Dia menuturkan diturunkannya 17 kru pada gelombang kedua tersebut sesuai dengan hasil koordinasi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar pada 22 April 2020. Perusahaan terus memantau perkembangan kesehatan seluruh kru kapal yang kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit maupun yang sedang melakukan isolasi mandiri di atas kapal.

Pihaknya menuturkan saat ini KM Lambelu masih melaksanakan karantina dan portstay di Pelabuhan Makassar hingga 27 April 2020.

"Manajemen akan menyesuaikan masa karantina dan portstay kapal sesuai dengan kondisi perkembangan ke depan. Jika belum memungkinkan tidak akan kami paksa untuk jalan," tambah Yahya.

Saat ini ada beberapa kru kapal yang menjalani isolasi mandiri secara terpisah di atas kapal. Mereka juga telah diinstruksikan untuk terus menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHSB) serta mengatur pola aktivitas dan istirahat. Manajemen juga selalu menyediakan multivitamin bagi kru kapal untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah situasi Covid-19.

Sebelumnya, sejumlah kru KM Lambelu dirujuk untuk menjalani perawatan sejak Senin lalu (20/4) karena terindikasi positif Covid-19 tanpa gejala (OTG). Sebanyak 25 orang kru yang terdiri dari 21 orang anak buah kapal (ABK) serta 4 orang mitra yang bertugas pada KM Lambelu kini menunjukkan perkembangan kesehatan yang baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top