Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Luhut Khawatirkan Kepulangan 505.000 TKI dari Malaysia

Kedatangan TKI yang mencapai 505.000 orang dari Malaysia berpotensi menjadi masalah tersendiri dalam mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 22 April 2020  |  07:16 WIB
Luhut Khawatirkan Kepulangan 505.000 TKI dari Malaysia
Sebanyak 81 TKI Malaysia bermasalah tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Selasa (24/3/2020). Mereka disemprot desinfektan saat keluar dari kapal. - Bisnis/Bobi Bani.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tenaga kerja Indonesia yang hampir mencapai 505.000 orang yang datang dari Kuala Lumpur, Malaysia berpotensi membawa virus corona ke Indonesia. Hal ini dinilai menjadi masalah tersendiri oleh pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kedatangan TKI yang mencapai 505.000 orang dari Malaysia berpotensi menjadi masalah tersendiri dalam mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

"Ini memang masalah tersendiri, kedatangan tenaga kerja Indonesia dari Kuala Lumpur itu hampir 505.000 dan angka itu bisa bertambah. Kemudian dari Taiwan, kemudian juga di pelabuhan ini sendiri masalah," jelasnya, dalam rapat virtual bersama Komisi V DPR, Selasa (21/4/2020). 

Dia menyebut para TKI yang mudik ke Indonesia ini masuk melalui jalur yang tidak begitu ketat dijaga yakni jalur perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan Utara. Para TKI ini pulang melalui jalan 'tikus' antara Indonesia dan Malaysia. 

Lebih lanjut, kepulangan TKI ini terangnya, tengah dikoordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna pendataan sehingga dapat dilacak keberadaan TKI tersebut sehingga potensi penyebaran virus corona tidak meluas.

Adapun, Malaysia memperpanjang movement control order (MCO) atau lockdown negaranya. Sementara, WNI yang berada di Malaysia jumlahnya melebihi 1 juta orang.

Kementerian Luar Negeri mencatat dalam rentang 18-31 Maret 2020, terdapat 34.696 orang yang kembali pulang dari Malaysia ke Indonesia dari Semenanjung Malaysia. Mayoritas yang pulang adalah WNI pemegang bebas visa 30 hari, bukan yang punya izin tinggal tetap di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TKI malaysia Luhut Pandjaitan
Editor : Yustinus Andri DP
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top