Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Marga Siapkan Langkah Antisipatif Jika Mudik Dilarang

Jasa Marga mengaku sudah memiliki langkah strategis guna menjaga bisnisnya, ketika pemerintah nantinya memberlakukan pelarangan mudik.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  20:13 WIB
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah mobil memasuki gerbang tol Pondok Ranji di Tangerang Selatan, Banten, Minggu (15/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk., telah menyiapkan langkah strategis jika kebijakan pelarangan mudik Lebaran benar-benar diberlakukan pemerintah.

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu kepastian kebijakan pelarangan mudik tersebut.

"Kita menunggu kepastian kebijakan pemerintahnya lebih dahulu. Namun, kami sudah menyiapkan [langkah] antisipasi yang akan kami sampaikan jika kebijakan sudah dipastikan," katanya kepada Bisnis, Minggu (29/3/2020).

Sebagai operator jalan tol, diketahui bahwa sumber utama pemasukan Jasa Marga berasal dari tarif tol. Walhasil, jika kebijakan pelarangan mudik akan berdampak pada penurunan lalu lintas harian rata-rata (LHR) ruas tol.

Sebelumnya, Agus menyampaikan bahwa penurunan LHR di beberapa ruas tol akibat kebijakan social distancing telah disiasati dengan melakukan efisiensi dalam berbagai lini untuk tetap mengejar target EBITDA [earning before interest, tax, depreciation, amortization].

Selain itu, dia juga memastikan bahwa Jasa Marga akan tetap menjaga standard pelayanan minimal (SPM) ruas tol yang dikelolanya kendati LHR menurun.

Diketahui dua ruas tol emiten berkode saham JSMR ini, yang paling terdampak social distancing adalah Tol Sedyatmo (bandara) dan Tol Bali Mandara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga mudik
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top