Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Perlu Inisiasi Jalur Logistik Aman Virus

Pemerintah daerah juga perlu membantu pengadaan alat-alat kesehatan pendukung ini karena sudah menjadi barang langka dan mahal.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 15 Maret 2020  |  20:04 WIB
Sejumlah truk mengantre muatan peti kemas di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO - Didik Suhartono
Sejumlah truk mengantre muatan peti kemas di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO - Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menilai baik pemerintah maupun pelaku perlu menyiapkan jalur logistik aman virus corona, sehingga arus barang tetap aman.

Ketua Umum ALI Zaldy Ilham Masita menjelaskan jalur logistik bebas virus tersebut berarti secara peralatan dan personil mengikuti standar pencegahan virus corona.

Dia mencontohkan personil logistik harus diukur suhunya, hingga memakai masker dan sarung tangan dengan menjamin alat kerjanya bersih. Pemerintah daerah juga perlu membantu pengadaan alat-alat ini karena sudah menjadi barang langka dan mahal.

"Dari pengalaman di Wuhan China, pergerakan logistik hanya boleh dilakukan kalau operator dan alatnya memenuhi standar. Apabila tidak memenuhi syarat maka tak diperbolehkan barang tersebut keluar atau masuk," jelasnya, Minggu (15/3/2020).

Hal tersebut, sambungnya, dikarenakan penularan virus dapat dilakukan melalui pergerakan barang, baik barangnya sendiri maupun orang yang membawa barang tersebut.

"Sekarang ini karena memang belum ada penanganan khusus untuk mencegah dan kalau itu benar dilakukan pengalaman dari negara lain yang terkena wabah, pergerakan logistik malah naik karena orang-orang tidak keluar rumah," imbuhnya.

Selain jalur logistik yang aman, stimulus lain yang diharapkan pelaku adalah insentif dalam melakukan pelatihan atau sertifikasi bagi SDM logistik supaya pelaku logistik menjadi siap apabila ekonomi telah membaik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top