Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung KEK Palu, Pantoloan Diusulkan Jadi Pelabuhan Ekspor

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran pembangunan perpanjangan Dermaga Pantoloan pada 2020, sehingga sudah memenuhi syarat menjadi pelabuhan ekspor.
Ilustrasi./ANTARA FOTO-Didik Suhartono
Ilustrasi./ANTARA FOTO-Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu berharap Pelabuhan Pantoloan segera ditetapkan menjadi pelabuhan ekspor untuk mendukung kegiatan industri di kawasan ini.

"Kami, baik dari tenan maupun pengelola KEK sangat berharap Pelabuhan Pantoloan sudah bisa jadi pelabuhan ekspor tahun ini, sehingga tidak perlu lagi ke Makassar," kata Direktur Investasi dan Kerja Sama PT Bangun Palu Sulawesi Tengah Agus Lamakarate, seperti dilansir dari Antara, Kamis (12/3/2020).

PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) adalah perusahaan badan usaha milik daerah (BUMD) yang dibentuk khusus mengelola KEK Palu.

Menurut Agus, pemerintah telah mengalokasikan anggaran pembangunan perpanjangan Dermaga Pantoloan pada 2020, sehingga diperkirakan akhir tahun panjang dermaga sudah memenuhi syarat menjadi pelabuhan ekspor.

"Secara teknis itu urusan PT Pelindo, tetapi kami sudah terima laporan tahun ini, juga dermaga ini akan dibangun pada sisi bagian selatan," katanya.

Dia mengatakan pembangunan dermaga tersebut akan terkoneksi dengan jembatan layang yang telah diresmikan penggunaannya pada awal 2020. Jembatan layang tersebut dibangun untuk memperpendek jarak dari KEK ke Dermaga Pantoloan, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas jalan Trans Sulawesi.

Agus mengatakan selama ini kegiatan ekspor dari KEK Palu masih berlangsung melalui pintu Makassar, namun tidak menyurutkan semangat investor untuk berinvestasi di kawasan itu. Saat ini, sejumlah perusahaan yang sedang beroperasi di KEK Palu sedang mempersiapkan dokumen ekspor, salah satunya PT Kaili Rattan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper