Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Aman Naik KRL di Tengah Virus Corona

Tim kesehatan bersama jajaran pegawai KCI juga akan melakukan roadshow sosialisasi lanjutan ke sejumlah stasiun untuk melanjutkan upaya edukasi, membagikan masker, dan menjelaskan pencegahan penyebaran virus.
Penumpang menggunakan masker saat berada di gerbong kereta commuter line (KRL) jurusan Depok/Bogor-Jatinegara/Angke di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang menggunakan masker saat berada di gerbong kereta commuter line (KRL) jurusan Depok/Bogor-Jatinegara/Angke di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyampaikan empat imbauan kepada para penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di sekitar stasiun.

"Kami telah berupaya keras mengerahkan seluruh sumber daya agar dapat mengantisipasi peredaran virus corona dan di saat yang sama tetap memberikan layanan bagi penggunanya," kata VP Corporate Communications KCI Anne Purba dalam siaran pers, Rabu (11/3/2020).

Pihaknya mengimbau bagi para pengguna KRL untuk pertama, tidak meludah sembarangan di area stasiun maupun kereta. Kedua, menggunakan masker saat sedang sakit, batuk, pilek, maupun dalam masa penyembuhan.

Ketiga, selalu menjaga kebersihan, antara lain mencuci tangan dengan benar atau rajin menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Keempat, tidak sungkan untuk memeriksakan diri ke pos kesehatan apabila merasa kurang sehat.

Dia menjelaskan jumlah pengguna lintas Bogor/Depok menuju Jakarta Kota/Angke/Jatinegara merupakan yang tertinggi, yakni mencapai 199.443.439 pengguna per tahun atau setara 546.420 pengguna per hari. Jumlah ini sama dengan 69 persen dari keseluruhan pengguna KRL. 

Pihaknya menuturkan pada 12 Maret 2020, tim kesehatan bersama jajaran pegawai KCI juga akan melakukan roadshow sosialisasi lanjutan ke sejumlah stasiun untuk melanjutkan upaya edukasi, membagikan masker, dan menjelaskan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus yang dapat diikuti pengguna. Petugas juga akan melakukan random check suhu tubuh pengguna di stasiun-stasiun. 

Anne memaparkan beberapa upaya antisipasi yang telah dilakukan KCI adalah: 
1. Sejak 3 Februari 2020, telah melakukan berbagai upaya edukasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Hingga saat ini KCI telah memberikan edukasi cuci tangan yang benar, dan membagikan masker  kepada pengguna di 36 stasiun.

2. Menyediakan lebih dari 700 botol hand sanitizer untuk 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun.

3. Rutin membersihkan seluruh rangkaian kereta seusai beroperasi dengan menggunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan.

4. Menugaskan On Trip Cleaning yang membersihkan rangkaian kereta saat sedang beroperasi melayani pengguna.

5. Materi edukasi dan himbauan di 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun.

6. Menyiapkan pos kesehatan di 30 stasiun KRL yang dapat memberikan pertolongan pertama jika pengguna mengalami masalah kesehatan. Di pos ini, pengguna juga dapat mengukur suhu tubuh, mendapatkan masker, hingga obat-obatan. Bila tidak dapat ditangani, petugas kesehatan akan merujuk pengguna ke rumah sakit terdekat.

7. Mewajibkan pegawai frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk cek kesehatan termasuk suhu tubuh sebelum berdinas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper