Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Penyebaran Virus Corona, Begini Tips dari Ikatan Dokter Indonesia

Langkah pencegahan penyebaran virus corona harus dilakukan secara simultan oleh masyarakat maupun pemerintah.
Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M. Faqih/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh
Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Daeng M. Faqih/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA—Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan terdapat sejumlah langkah yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M. Faqih mengatakan hal itu langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona harus dilakukan setelah terkonfirmasinya 2 orang warga Indonesia yang terjangkit virus tersebut.

Adapun langkah pertama, yang perlu dilakukan masyarakat adalah tidak melakukan kontak dengan penderita.

Kedua, menghindari orang-orang yang diduga terpapar khususnya warga negara Indonesia (WN) yang baru datang dari negara-negara yang positif kasus virus corona.

Ketiga, memakai masker apabila beraktifitas di tempat umum. Masyarakat juga harus memastikan mematuhi ketentuan pemakaian masker yang tepat dan benar.

Keempat, tetap rutin menjaga kebersihan terutama cuci tangan dengan sabun, atau memakai handsanitizer yang mengandung antiseptik. Terakhir, istirahat cukup, jaga makanan  bergizi, olahraga rutin untuk menjaga daya tahan tubuh,” jelasnya, Senin (2/3/2020).

Selain itu, Daeng  juga menyebutkan sejumlah langkah yang harus dilakukan pemerintah. Pertama, penderita harus cepat di isolasi dan ditangani sampai sembuh.

Kedua, perlu adanya pelacakan kasus yaitu kepada orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan penderita. Dia mengatakan setelah terlacak, petugas kesehatan harus segera  melakukan observasi dan pemeriksaan mendalam.

“Saat ini tenaga medis kita sudah siap melakukan kasus ini karena sudah dibekali dengan  pedoman penangan virus corona baik pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan maupun pedoman yang dikeluarkan oleh IDI melalu Perhimpunan Dokter Paru Indonesia yang berdasarkan panduan WHO,” kata Daeng.

Adapun sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan dua orang warga negara Indonesia telah positif terinfeksi virus corona.

Keduanya tertular dari warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia yang kini berada di Malaysia.

Dua orang warga Indonesia yang tertular tersebut merupakan ibu dan anak yang masing-masing berusi 64 tahun dan 31 tahun. Keduanya saat ini telah dirawat di ruang isolasi khusus Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper