Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anggaran Bea Masuk Ditanggung Pemerintah Dipangkas

Total pagu anggaran untuk bea masuk DTP sebesar Rp405,57 miliar pada tahun ini dibandingkan Rp489,04 miliar pada 2019.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 25 Februari 2020  |  15:17 WIB
Sebuah truk menunggu muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020). -  ANTARA / M Risyal Hidayat
Sebuah truk menunggu muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020). - ANTARA / M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menurunkan alokasi pagu anggaran bea masuk ditanggung pemerintah (DTP) sektor industri tertentu untuk tahun anggaran 2020.

Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 12/2020 tentang Bea Masuk DTP Sektor Industri Tertentu Tahun Anggaran 2020, total pagu anggaran untuk bea masuk DTP sebesar Rp405,57 miliar.
Jika dibandingkan dengan ketentuan bea masuk DTP untuk sektor industri tertentu pada tahun anggaran sebelumnya yang diatur dalam PMK No. 209/2018, bea masuk DTP-nya mencapai Rp497,84 miliar.
Jumlah kuasa pengguna anggaran (KPA) belanja bea masuk DTP juga berkurang dari lima KPA menjadi empat KPA.
Tahun ini, terdapat empat KPA yang melakukan pengelolaan anggaran belanja bea masuk DTP yakni Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, Dirjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kemenperin, Dirjen Industri Agro Kemenperin, dan Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif BPOM.
Jumlah sektor industri yang bisa mendapatkan fasilitas bea masuk DTP pada tahun ini mencapai 20 sektor industri.
Apabila dibandingkan dengan tahun 2019, KPA yang bertanggung jawab untuk mengelola anggaran belanja bea masuk DTP antara lain Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, Dirjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil Kemenperin, Dirjen Industri Agro Kemenperin, Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin, dan Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif BPOM.
Sementara itu, jumlah sektor industri yang mendapatkan bea masuk DTP mencapai 36 sektor industri pada 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bea masuk
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top