KABAR PASAR: Bawang Putih di Mana?, Bali Bakal Kehilangan Rp1 Triliun

Berita mengenai pasokan bawang putih dan dampak virus Corona (Covid-19), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (14/2/2020).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  08:59 WIB
KABAR PASAR: Bawang Putih di Mana?, Bali Bakal Kehilangan Rp1 Triliun
Bisnis Indonesia 14 Februari 2020 - repro

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai pasokan bawang putih dan dampak virus Corona (Covid-19), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (14/2/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Bawang Putih di Mana? Pasokan bawang putih di pasaran mulai langka sehingga mengerek harga komoditas ini hingga Rp70.000/kilogram. Pemerintah perlu menjamin stok guna mempersempit ruang gerak spekulan. Kelangkaan bawang putih tergambar dari pasokan bawang putih ke pasar induk Kramat Jati yang anjlok menjadi 4 ton/hari sejak 10 Februari 2019.

Payung Hukum Jangan Kalah Cepat. Sejumlah anak perusahaan BUMN karya melakukan aksi penambahan luas land bank mereka, sedangkan langkah pemerintah memfungsikan bank tanah terkesan lambat dan dinilai perlu payung hukum yang jelas untuk merealisasikannya.

Menguji Strategi Pengendali Inflasi. Pemerintah berupaya menangkal gejolak harga komoditas pangan dengan menetapkan target inflasi pada komponen barang bergejolak atau volatile food sebesar 4 +/- 1% pada 2020.

Trump Ingin Negosiasi Ulang. Pemerintah Amerika Serikat tengah mempertimbangkan negosiasi ulang plafon tarif dengan anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) karena tidak sepadan dengan angka yang diterapkan mitra dagangnya.

Bali Bakal Kehilangan Rp1 Triliun. Sektor pariwisata Bali berpotensi kehilangan transaksi Rp1 triliun per bulan akibat penutupan rute penerbangan dari dan menuju China. Pelaku industri pariwisata perlu kembali fokus untuk menggarap pasar MICE.

Kejagung Tampik Rencana Panja. Kejaksaan Agung mengindikasikan tidak akan memberi kesempatan kepada para tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait dengan penempatan dana investasi milik PT Asuransi Jiwasraya untuk hadir di DPR.

Pengawasan Bakal Makin Ketat. Pengawasan industri keuangan nonbank atau IKNB akan semakin ketat, setelah terkuaknya sejumlah persoalan di sektor tersebut. Saat ini, OJK menyiapkan dua beleid baru yang mengatur tingkat kesehatan dan manajemen risiko perusahaan IKNB.

Beradu Promo Demi Cuan. Sejumlah bank gencar menyediakan program promosi transaksi kartu kredit di awal tahun ini demi menjaga kinerja lini bisnis ini tidak tergerus oleh perkembangan layanan transaksi digital.

Bahan Baku Kertas Mulai Langka. Pelaku usaha kertas dibayangi kelangkaan bahan baku seiring dengan terganjalnya impor skrap sejak awal 2020. Utilitas pabrikan disebut terancam turun ke kisaran 50% dari saat ini 65%.

Cukai Emisi Dipertanyakan. Rencana pengenaan cukai emisi karbon mobil baru dipertanyakan. Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) pun akan menggelar pertemuan dengan kalangan industri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bawang Putih, virus corona

Editor : M. Taufikul Basari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top