Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cegah Korupsi, Menhub Siapkan Tiga Jurus Jitu

Diharapkan orang-orang yang berada di lingkungan Kementerian Perhubungan memiliki sikap good corporate governance (GCG) dan anti korupsi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  13:36 WIB
 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Ketua KPK Firly Bahuri (kiri), dan Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (13/2/2020). - BISNIS/Rinaldi M. Azka
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Ketua KPK Firly Bahuri (kiri), dan Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (13/2/2020). - BISNIS/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku telah menerapkan tiga jurus jitu guna menghilangkan praktik korupsi di internal lembaga.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan perilaku korupsi merupakan sesuatu yang merusak dan berakibat fatal bagi negara.

"Pertama adalah memilih orang dulu, cari orang yang punya track record baik. Kedua, kita selalu ingatkan, dan ketiga, penggunaan teknologi [dengan] tidak ada tatap muka dan sebagainya," jelasnya, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, perlu upaya luar biasa untuk menghilangkan praktik korupsi tersebut. Diharapkan orang-orang yang berada di lingkungan Kementerian memiliki sikap good corporate governance (GCG) dan anti korupsi.

Pihaknya meminta jajarannya untuk menghindari praktik korupsi. Jika sudah ada yang terbukti melakukan, maka diperlukan usaha besar untuk memperbaikinya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firly Bahuri menuturkan Kemenhub sudah mencanangkan komitmen pembentukan zona integritas. Hal tersebut penting untuk menjadi target Kementerian agar menjadi wilayah bebas korupsi dan bersih dalam melayani.

"Ini menjadi penting kalau saja seluruh inspektur bekerja optimal, melakukan perbaikan, mengkaji sistem pelayaanan dan pengadaan barang dan jasa, tentu tak terjadi korupsi," kata Firly.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korupsi Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top