Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DJBC Jamin Tarif Cukai Kantong Plastik Murah

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) memastikan besaran tarif cukai yang dikenakan atas kantong plastik tidak akan berbeda dibandingkan tarif pungutan yang dipungut ritel saat ini.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  15:31 WIB
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pekerja mengemas biji plastik usai dijemur di salah satu industri pengolahan limbah plastik di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA–Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) memastikan besaran tarif cukai yang dikenakan atas kantong plastik tidak akan berbeda dibandingkan tarif pungutan yang dipungut ritel saat ini.

"Tarif kalau diterapkan juga sama dengan yang sudah berjalan selama ini, sebesar Rp200 itu kita nggak jauh dari situ," ujar Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC Nirwala Dwi Heryanto, Rabu (12/2/2020).

Menurut Nirwala, penerapan cukai atas kantong plastik akan memberikan kepastian atas pungutan yang terjadi selama ini.

Seperti diketahui, terdapat beberapa usaha ritel yang memungut tarif atas setiap kantong plastik yang diberikan ke konsumen.

Di satu sisi, terdapat pula beberapa Pemda yang melarang penggunaan kantong plastik dan masih banyak pula Pemda yang masih membebaskan penggunaan kantong plastik.

Nirwala menerangkan apabila penggunaan kantong plastik dibebaskan, hal ini akan menimbulkan eksternalitas negatif bagi lingkungan. Namun, industri akan dirugikan apabila penggunaan kantong plastik sepenuhnya dilarang.

Adapun pungutan atas kantong plastik yang berlaku saat ini tidak jelas penggunaannya. Ketidakjelasan penggunaan tersebut bisa dimitigasi dengan pengenaan cukai.

"Cukai kan otomatis masuk APBN dan penggunaannya jelas, kalau dicukaikan keunggulannya ada earmarking untuk penggunaan," ujar Nirwala.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bea Cukai cukai plastik
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top