Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lion Air : Penerbangan ke Wuhan Hanya Pulangkan Wisman China 

Lion Air menegaskan penerbangan Denpasar-Wuhan hanya untuk memulangkan Wisman China yang masih berada di Bali. Sementara penerbangan Wuhan-Denpasar tidak membawa penumpang.
Busra Ardans
Busra Ardans - Bisnis.com 24 Januari 2020  |  21:17 WIB
Ilustrasi-Penumpang yang mengenakan masker terlihat di area menunggu kereta ke Wuhan di Stasiun Kereta Api Barat Beijing, menjelang Tahun Baru Imlek China, di Beijing, 20 Januari 2020. - REUTERS / Stringer
Ilustrasi-Penumpang yang mengenakan masker terlihat di area menunggu kereta ke Wuhan di Stasiun Kereta Api Barat Beijing, menjelang Tahun Baru Imlek China, di Beijing, 20 Januari 2020. - REUTERS / Stringer

Bisnis.com, DENPASAR - Lion Air menegaskan penerbangan Denpasar-Wuhan hanya untuk memulangkan Wisman China yang masih berada di Bali. Sementara penerbangan Wuhan-Denpasar tidak membawa penumpang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro membenarkan perencanaan penerbangan tersebut saat dikonfirmasi Bisnis, Jumat (24/1/2020) malam.

Layanan penerbangan internasional dari Indonesia yakni Denpasar-Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS) tujuan Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan di Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (WUH), sudah mengikuti ketentuan yang berlaku. 

Sesuai dengan pemberitahuan resmi otoritas setempat (notam) di Wuhan, kata Danang, dalam keterangan persnya, status bandar udara saat ini hanya diperbolehkan melayani kedatangan (arrival), dan untuk keberangkatan (departure) tidak membawa penumpang serta sebagai alternatif pendaratan kondisi darurat (emergency landing).

Danang menyampaikan beberapa poin dalam keterangannya.

Pertama, penerbangan Denpasar - Wuhan beroperasi 24 dan 26 Januari 2020 hanya pemulangan dengan 
membawa tamu atau penumpang yang masih berada di Bali.

Kedua, penerbangan Wuhan - Denpasar sebagai ferry flight yaitu hanya membawa kru dan tidak melayani 
tamu atau penumpang.

Ketiga, penerbangan Denpasar - Wuhan mengalami perubahan, direncanakan menjadi rute Denpasar ke 
Changsa-Bandar Udara Internasional Huanghua, Hunan, Republik Rakyat Tiongkok. 

Keempat, untuk perkembangan lebih lanjut dan terbaru mengenai rute dimaksud, akan disampaikan kemudian.

Perubahan dan pembatalan penerbangan, lanjut Danang, merupakan implementasi dan langkah preventif terhadap penyebaran penyakit pneumonia berat di Wuhan. 

Upaya pencegahan pada penerbangan internasional juga berlaku dari dan ke Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL).

Antisipasi dilakukan mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No 
PM.04.021111143/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang belum diketahui etiologinya, 3 Januari 2020. 

Sebelumnya, Arie Ahsanurrohim Communication and Legal Manager Angkasa Pura I kepada Bisnis mengatakan saat ini penerbangan Denpasar - Wuhan dengan maskapai Lion Air masih dilakukan hingga 26 Januari 2020.

"Belum dihentikan hingga 26 Januari 2020 untuk DPS - Wuhan. Kemungkinan maskapai memulangkan warga Wuhan ke tempat asal karena tidak mungkin overstay di indonesia. Wuhan - DPS masih berlanjut tapi tanpa penumpang," tulis Arie melalui  WhatsApp, Jumat (24/1/2020).

Sementara maskapai lainnya, yakni Sriwijaya Air tidak beroperasi hingga NOTAM selesai dari China.

Arie menyebutkan bahwa rute Denpasar ke Wuhan disediakan oleh dua maskapai Lion Air dan Sriwijaya Air.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lion air virus corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top