Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow, Anggaran Proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Telan Rp14 Triliun

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan persiapan yang telah dilakukan untuk saat ini adalah percepatan penyelesaian desain terminal.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 24 Januari 2020  |  14:02 WIB
Bandara Soekarno-Hatta termasuk dalam daftar bandara tersibuk di dunia. - Istimewa
Bandara Soekarno-Hatta termasuk dalam daftar bandara tersibuk di dunia. - Istimewa

Bisnis.com, TANGERANG -- PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan pembangunan proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng bakal menelan investasi hingga Rp14 triliun.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan persiapan yang telah dilakukan untuk saat ini adalah percepatan penyelesaian desain terminal. Dia menargetkan desain lengkap terminal sudah selesai pada akhir 2020.

"Investasinya kami estimasi sebesar Rp12 triliun hingga Rp14 triliun. Namun, itu belum final karena masih menunggu penyelesaian desain," katanya, Jumat (24/1/2020).

Dia menambahkan total lahan yang sudah dipersiapkan seluas 102 hektare. Lahan tersebut dipastikan sudah menjadi kewenangan perseroan, sehingga tidak memerlukan upaya pembebasan.

Awaluddin menyebutkan Terminal 4 diproyeksikan menjadi gedung penampung penumpang pesawat udara yang terbesar di Indonesia. Total kapasitas mencapai 40 juta penumpang per tahun--45 juta penumpang per tahun.

Dia menjelaskan terdapat tiga tahapan desain dalam pembangunan Terminal 4, yakni conceptual design, basic design, dan detail engineering design. Ketiga jenis desain juga menjadi term of reference (TOR) yang ditetapkan operator bandara untuk menjadi panduan bagi konsultan peserta tender.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii
Editor : Hendra Wibawa

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top