Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Hanya Rumah, Kantor Juga Bisa Terapkan Teknologi Pintar

Tren canggih pertama yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah voice assistant untuk membantu dengan berbasis suara.
Ilustrasi ruang perkantoran
Ilustrasi ruang perkantoran

Bisnis.com, JAKARTA – Dengan segala kemudahan yang ditawarkan dari segi keamanan dan kontrol, konsep teknologi pintar tak hanya diminati dalam pengembangan hunian, tetapi juga dalam pengembangan ruang-ruang kantor.

Saat ini banyak pengembang yang mulai memasarkan hunian dengan konsep rumah pintar yang berteknologi tinggi mulai dari mengontrol pendingin ruangan, lampu, hingga mengelola keamanan hunian. Dengan pergeseran ke arah yang lebih canggih, ruang kantor juga harus bisa mengikuti tren ini.

“Ketika orang sudah biasa dengan bantuan teknologi di rumahnya, mereka akan mencari juga kemudahan serupa di kantor. Ke depannya, penerapam konsep rumah pintar akan memengaruhi penerapannya di ruang kantor juga,” ungkap Tom Carroll, Head of EMEA Corporate Research JLL, melalui laporan tertulis yang dikutip Bisnis, Senin (20/1/2020).

Tren canggih pertama yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah voice assistant untuk membantu dengan berbasis suara. Pengguna bisa meminta voice assistant untuk membantu memainan musik, menyalakan, atau mematikan lampu dengan melakukan perintah suara.

Nick Whitten, Director of UK Research JLL, memprediksikan penggunaan teknologi berbasis perintah suara akan memiliki perkembangan yang pesat di ruang-ruang kehidupan manusia, seperti rumah dan kantor.

Di ruang kantor, teknologi perintah suara memang belum banyak digunakan, tetapi Whitten menyebutkan bahwa dengan makin berkembangnya teknologi, penggunaan penolong berbasis suara akan banyak diperlukan untuk menjalankan berbagai tugas domestik.

“Meskipun penggunaan voice assistant belum mengalami perubahan drastis saat ini, tapi perkembagannya cukup menarik, di kantor, misalnya, untuk lebih mudah mengakses website, mengelola penggunaan ruang rapat, atau sebagai alat presensi karyawan,” imbuh Whitten.

Selanjutnya, teknologi selanjutnya yang bisa diterapkan di ruang kantor adalah penggunaan lampu pintar atau pengatur suhu ruangan otomatis.

Menurut Carroll, ruang kantor pintar bisa menggunakan lampu yang menyala atau mati dengan sensor gerakan. Misalnya, lampu menyala ketika mendeteksi ada orang masuk ruangan dan mati otomatis setelah ruangan kosong. Hal itu juga berlaku pada pengatur suhu ruangan otomatis.

Penggunaan teknologi seperti pemantau jarak jauh, video pengawas, sensor gerak, dan kartu kunci atau pintu masuk biometrik mulai umum digunakan sebagai metode pengamanan modern bagi perusahaan meskipun saat ini fitur tersebut baru familiar digunakan pada hunian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper