Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ma'ruf Amin Ajak Mahasiswa Bangun Ekonomi Umat

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak akademisi termasuk mahasiswa agar dapat menjadi katalisator terhadap berbagai dinamika dalam masyarakat sehingga mampu mendorong peningkatan kapasitas masyarakat, serta ekonomi umat dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 14 Desember 2019  |  22:14 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah) bersama Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan)  - Antara
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah) bersama Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak akademisi termasuk mahasiswa agar dapat menjadi katalisator terhadap berbagai dinamika dalam masyarakat sehingga mampu mendorong peningkatan kapasitas masyarakat, serta ekonomi umat dengan tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Peran katalisator ini sangat penting karena persoalan mendasar yang saat ini kita hadapi adalah kualitas Sumber Daya Manusia. Pemerintah telah menempatkan Pembangunan SDM Unggul sebagai prioritas pertama," ujarnya, dalam keterangan berkunjung ke Banten, Sabtu (14/12/2019). Wakil Presiden.

Dia menuturkan bahwa SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia, dan ber-akhlakul karimah.

"Kampus sebagai lembaga pendidikan, tentu saja berperan penting dalam peningkatan kualitas SDM," terangnya.

Menurutnya, kampus harus menjadi Pembina SDM di daerahnya berdiri. Hal ini dapat dilakukan melalui penekanan pendidikan yang lebih terarah, sesuai dengan kebutuhan dalam masyarakat, memperbanyak pendidikan keterampilan dan life skill lainnya agar lulusannya dapat mandiri dan bahkan dapat membantu menciptakan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Dia menjelaskan bahwa dari 126,57 juta penduduk usia 15 tahun yang bekerja, berdasarkan data angkatan kerja Agustus 2019 hanya sekitar 12,27 juta atau hanya 9,7 persen  yang merupakan lulusan universitas.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan  dukungannya untuk memberikan bantuan bea siswa bagi mahasiwa UIN Banten dan mendukung kemajuan pembangunan UIN Banten.

Setelah menyampaikan orasi ilmiahnya, Wapres didampingi Gubernur Banten Wahidin Halim dan Rektor UIN Banten Fauzul Iman menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang sebelumnya IAIN menjadi UIN.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ma'ruf Amin
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top