Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akomodasi Traveller Milenial, AP II Pacu Transformasi Digital

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan telah melakukan transformasi digital sejak 2016.
Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten./Bisnis.com
Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim telah menjalankan transformasi digital selama tiga tahun terakhir guna mempercepat peningkatan standar operasional dan pelayanan di bandara-bandara yang dikelola.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan telah melakukan transformasi digital sejak 2016. "Selama tiga tahun itu, sejumlah konsep atau produk telah dilahirkan dan sudah diimplementasikan di Bandara Soekarno-Hatta khusus aspek operasional dan pelayanan," katanya, Rabu (11/12/2019).

Dia mengatakan digitalisasi di bandara bertujuan mengakomodasi kebutuhan traveller atau penumpang pesawat yang sekitar 60%-70% diantaranya berasal dari generasi milenial.

Adapun, bandara berkode CGK telah menjadi tempat dalam mengembangkan platform digital kebandarudaraan sebelum diaplikasikan pada bandara lain.

"Konsep yang kami kembangkan disebut dengan digitally ready enterprise. Kami mengedepankan pemanfaatan state of the art technology dalam implementasi transformasi digital perusahaan," ujarnya.

Awaluddin mengatakan implementasi smart and connected airport akan terus berlangsung dan mulai memasuki era baru dengan pemanfaatan big data analytics, virtual reality, dan artificial intelligence pada 2020.

"Kami memahami era disrupsi di bandara kedepan, bukan hanya berdampak kepada teknologi, tetapi sekaligus juga membawa dampak terhadap regulasi kebandarudaraan, dan kompetensi SDM pengelola bandara," katanya.

Beberapa produk hasil transformasi digital antara lain Airport Operation Control Center (AOCC) untuk koordinasi seluruh stakeholder penerbangan; Terminal Operation Center (TOC) untuk memantau unit operasional, keamanan dan pelayanan berjalan dengan baik; Self Boarding Gate untuk meningkatkan efisiensi dan ketepatan waktu terbang (on time performance/OTP) maskapai; dan iPerform Apps guna membantu memantau aktivitas di bandara seperti status parking stand, garbarata, data TOC, toilet, hingga terkait bisnis.

Selain itu, terdapat pula Digital Officer with Digital Device (DODD), Autogate dan E-Ticket di Shelter Bus, dan Self Check-in Kiosk, dan Self Baggage Drop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper