Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pajak Digitalisasi Jadi Perhatian Negara-negara di Asia Pafisik

Masa depan pemajakan digital menjadi konsentrasi sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik.
Ilustrasi pajak/Istimewa
Ilustrasi pajak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masa depan pemajakan digital menjadi konsentrasi sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik.

Dalam pertemuan regional tentang pajak dan digitalisasi di Asia Pasifik, yang diselenggarakan Asian Development Bank (ADB) dan Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) di Filipina, pejabat pajak dan pemangku kepentingan dari Asia-Pasifik membahas proposal untuk mengatasi tantangan pajak digitalisasi ekonomi.

Salah satu fokus pembahasan dalam pertemuan tersebut di antaranya soal proposal "Pilar Satu" yang menawarkan pendekatan terpadu untuk menyeimbangkan alokasi hak pemajakan dan kepastian yang lebih besar ke dalam sistem perpajakan internasional.

Selain itu, pembahasan juga menyangkut "Pilar Dua" atau proposal Global Anti-Base Erosion untuk memastikan keuntungan perusahaan multinasional dikenakan tingkat pajak yang proporsional.

"Lebih dari 100 delegasi dari 33 negara, organisasi internasional dan regional, bisnis dan masyarakat sipil, berpartisipasi dalam acara tersebut," tulis keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Sabtu (23/11/2019).

Pertemuan tersebut menawarkan kesempatan bagi para peserta, baik anggota OECD dan  G20 tentang BEPS dan non-anggota, serta masyarakat sipil dan komunitas bisnis, untuk secara aktif menyumbangkan pandangan mereka  tentang proposal yang saat ini sedang dibahas.

Adapun pertemuan tersebut berlangsung segera sebelum pertemuan Task Force on Digital Economy (TFDE) dan pertemuan konsultasi publik mengenai Proposal Sekretariat untuk "Pendekatan Terpadu di bawah Pilar Satu" di Paris.

Pertemuan dibuka oleh John Versantvoort, Kepala Kantor Anti Korupsi dan Integritas ADB bersama Antonette Tionko, Wakil Menteri Keuangan untuk Filipina dan Koni Ravono, Kepala Sekretariat Asosiasi Kantor Pajak Kepulauan Pasifik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper