Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenkumham Permudah Pembuatan Izin Usaha UMK

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan mempermudah pendirian badan usaha dan memberikan legalitas perusahaan perseorangan untuk Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 22 November 2019  |  23:05 WIB
Menkumham Yasonna Laoly - ANTARA/Wahyu Putro A
Menkumham Yasonna Laoly - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan mempermudah izin pendirian badan usaha dan memberikan legalitas perusahaan perseorangan untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mendorong Ease of doing Business (EoDB) atau kemudahan dalam usaha, sekaligus memberikan iklim usaha yang ramah bagi seluruh investor dan masyarakat.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, kami akan sederhanakan business process pendirian badan usaha dan beri legalitas PP UMK," tutur Yasonna dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Yasonna menjelaskan ada beberapa penyederhanaan bisnis proses pengesahan badan usaha antara lain membuat fasilitas online pendirian badan usaha yang bisa selesai dalam waktu tujuh menit, lalu menggabungkan pemesanan nama sekaligus pengesahan hanya dalam satu langkah.

"Kami juga menerapkan e-billing dan tidak memberikan fasilitas pelayanan pembelian voucher secara manual dan pengumuman perusahaan dilakukan dalam AHU Online sehingga bisa memangkas biaya penerbitan," kata Yasonna.

Yasonna optimistis kebijakan itu bisa mendorong EoDB di Indonesia. Dia mengatakan selanjutnya kebijakan itu akan dituangkan ke dalam Omnibus Law atau perundang-undangan.

"Pemanfaatan kemudahan dan kebijakan nol biaya ini akan memacu segenap UMK untuk melakukan pendaftaran usaha, sehingga ada kepastian dan perlindungan hukum bagi UMK," ujar Yasonna.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkumham izin usaha
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top