Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Kopi Madaya, Pemberdayaan Ekonomi dari Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa, lembaga filantropi, meluncurkan Rumah Kopi Madaya sebagai salah satu upaya dalam melakukan pemberdayaan ekonomi pada masyarakat. Peresmian ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan.
Rumah Kopi Madaya dari Dompet Dhuafa/Istimewa
Rumah Kopi Madaya dari Dompet Dhuafa/Istimewa
 
 
Bisnis.com, JAKARTA -- Dompet Dhuafa, lembaga filantropi, meluncurkan Rumah Kopi Madaya sebagai salah satu upaya dalam melakukan pemberdayaan ekonomi pada masyarakat. Peresmian ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan. 
 
Parni Hadi, selaku Inisiator, Pendiri dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa, mengatakan banyak cara dalam memperingati Hari Pahlawan dan Dompet Dhuafa melakukan kegiatan produktif. 
 
"Sekarang, kita belum berhasil keluar dari penjajahan kemiskinan. Orang dhuafa masih terjajah oleh kemiskinan, dan Dompet Dhuafa harus tampil dengan multi disiplin untuk membebaskan kaum dhuafa dari penjajahan kemiskinan, [salah satunya] dengan meresmikan Rumah Kopi Madaya Coffee," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (10/11/2019). 
 
Imam Rulyawan, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, mengatakan peresmian Rumah Kopi Madaya Coffee menjadi tolak ukur dan pintu gerbang pemberdayaan kopi di Dompet Dhuafa. Program Rumah Kopi Madaya Coffee sendiri, katanya, artinya Maju dan Berdaya. 
 
"Ibarat satu keping dua sisi mata uang. Maju dan Berdaya tidak dapat terpisahkan, tidak akan maju tanpa berdaya, serta tidak akan berdaya tanpa maju," ujar Imam.
 
Lebih lanjut, kata Imam, minum kopi di Rumah Kopi Madaya Coffee, juga sudah bersedekah melalui Dompet Dhuafa. 
 
Lebih jauh, Imam mengatakan pihaknya punya cita-cita agar dari Rumah Kopi Madaya Coffee, pemberdayaan Dompet Dhuafa akan Go International, serta mengangkat harkat dan martabat kesejahteraan para petani maupun masyarakat yang terlibat dalam proses pemberdayaan. 
 
Adapun Rumah Kopi Madaya Coffee berada di Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa di Jampang, Kemang, Bogor. 
 
Jodi Iswanto, selaku Direktur Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa, mengatakan melalui rumah tersebut, dapat menjadi tujuan kuliner maupun wisata edukatif bagi masyarakat umum, dalam menikmati beragam kopi hasil petani komunitas atau binaan Dompet Dhuafa di Rumah Kopi Madaya Coffee. 
 
Setelah sekian lama menemani petani kopi di nusantara, jelas Jodi, kini di 2019 Dompet Dhuafa mengembangkan program agroindustri kopi dengan membangun Rumah Kopi Madaya Coffee. 
 
"Sebagai model usaha, rumah produksi tersebut mengolah biji kopi dengan mesin roasting berteknologi hot air, dan akan menghasilkan hilir kopi yang dikembangkan oleh Dompet Dhuafa berbasis sosial bisnis,” katanya. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper