Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

AS Ancam Tutup Investasi Sektor Keuangan di China 

Pembatasan investasi Amerika Serikat di China kemungkinan akan sampai pada pemblokiran seluruh investasi sektor keuangan. 
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 September 2019  |  16:33 WIB
Perang dagang AS-China - istimewa
Perang dagang AS-China - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Pembatasan investasi Amerika Serikat di China kemungkinan akan sampai pada pemblokiran seluruh investasi sektor keuangan. 

Sejauh ini kemungkinan itu masih dalam tahap awal pembahasan dan belum ada yang diputuskan, kata sumber yang tidak mau disebutkan. Juga tidak ada kerangka waktu untuk mengimplementasikan wacana tersebut seperti dikutip CNBC.com, Minggu (28/9/2019). 

Membatasi investasi keuangan di perusahaan China dimaksudkan untuk melindungi investor AS dari risiko berlebihan karena kurangnya pengawasan peraturan, kata sumber itu.

Persoalan pembatasan investasi itu muncul sebagai alat tawar AS dalam perundingan dagang yang akan dilanjutkan pada 10 Oktober di Washington.

Kedua negara saling mengenakan tarif impor barang senilai miliaran dolar AS. 

Wacana pembatasan investasi itu juga muncul ketika pemerintah China mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan akses asing ke pasarnya.

Sebelumnya Presiden Donald Trump mengumumkan akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan perusahaan-perusahaan China (delisting) di bursa AS. Selain itu AS juga mengancam akan mencegah dana pensiun pemerintah AS berinvestasi di Pasar China.

Saham Alibaba, Baidu dan perusahaan China lainnya anjlok menyusul berita tersebut. Sedangkan yuan China melemah menjadi 7,15 terhadap dollar AS. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perang dagang AS vs China
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top