Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citilink & GMF Berkongsi Buat Anak Usaha Pendidikan Aviasi

GITC Indonesia yang resmi berdiri pada 30 Agustus 2019 merupakan bentuk ekspansi bisnis Citilink dalam bidang pendidikan dan pengembangan kualitas SDM, serta dalam rangka mendukung operasional penerbangan. 
Petugas Garuda Indonesia Maintenance Facilities (GMF AeroAsia) memeriksa hidrolik pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 - 300ER./Antara-Muhammad Iqbal
Petugas Garuda Indonesia Maintenance Facilities (GMF AeroAsia) memeriksa hidrolik pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 - 300ER./Antara-Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA -- Maskapai berbiaya murah Citilink Indonesia bersinergi dengan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Tbk. membentuk anak usaha yang bergerak di bidang pendidikan dalam dunia aviasi dan nonaviasi yaitu PT Garuda Ilmu Terapan Cakrawala Indonesia (GITC Indonesia).

Direktur Utama Citilink Juliandra mengatakan GITC Indonesia yang resmi berdiri pada 30 Agustus 2019 merupakan bentuk ekspansi bisnis Citilink dalam bidang pendidikan dan pengembangan kualitas SDM, serta dalam rangka mendukung operasional penerbangan. 

Adapun, komposisi kepemilikan saham dari kedua perusahaan Garuda Indonesia Group ini yaitu 80 persen saham dikuasai Citilink dan 20 persen saham oleh Garuda Miantenance Facility (GMF).

"Pada tahap awal GITC Indonesia akan menyediakan fasilitas pendidikan bagi SDM untuk menunjang kegiatan operasional di lingkungan Garuda Indonesia Group, termasuk pendidikan untuk pilot, awak kabin, engineer dan juga pegawai darat," katanya dalam siaran pers, Senin (23/9/2019).

Dengan fasilitas sarana dan prasarana yang mumpuni serta tenaga pengajar yang ahli, itu, dia berharap GITC Indonesia mampu menghadirkan pendidikan di bidang aviasi yang berkualitas baik dan terpercaya.

Dia menuturkan GITC Indonesia juga akan membuka fasilitas pendidikan di bidang aviasi untuk umum. Adapun, pelatihan yang disediakan mulai dari pendidikan untuk operasional maskapai (airline operation) hingga pendidikan untuk pengembangan bisnis maskapai (airline business).

Guna memberikan kualitas pendidikan terbaik, GITC yang saat ini bertempat di Duri Kosambi Cengkareng, dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang lengkap mulai dari ruang kelas, lounge, asrama hingga simulator berbagai tipe pesawat seperti Airbus A320, Airbus A330, Boeing 737-800NG, ATR 72-600 dan CRJ1000.

Sementara itu, Direktur Utama GMF Tazar Marta Kurniawan mengatakan pendirian anak usaha itu merupakan upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas SDM yang dapat mendukung ekspansi bisnis.

Melalui pembentukan anak usaha yang fokus terhadap pengembangan kualitas dan pelatihan tenaga kerja, kedepannya diharapkan dapat melahirkan teknisi-teknisi andal untuk mendorong percepatan pertumbuhan bisnis GMF. 

“Kami berupaya memperluas jangkauan penyedia pelatihan teknisi pesawat dengan menyasar pelanggan lain di luar Garuda Indonesia Group melalui GITC Indonesia,” kata Tazar. 

Adapun, bentuk pelatihan yang disediakan bersifat mandatory training, sehingga usaha gabungan ini memiliki potensi pasar yang besar dengan menarik MRO lain baik domestik maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper