Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potensi Pasar Singapura untuk Produk UMKM Lokal Cukup Besar

Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) menyebut, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memasarkan produk-produknya di Singapura.

Bisnis.com, JAKARTA — Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) menyebut, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memasarkan produk-produknya di Singapura.

Ketua Umum Hipmikindo Syahnan Phalipi mengatakan, saat ini banyak produk-produk suvenir yang dijual di Singapura berasal dari Indonesia. Selain itu, sejumlah perusahaaan di Singapura juga telah menggunakan produk-produk UMKM Indonesia.

“Produk UMKM kita bagus-bagus dan bisa diserap oleh pasar Singapura. Saya ambil contoh misalnya seragam karyawan MRT di sana, yang dibuat oleh UMKM lokal kita di Batam, Kepulauan Riau. Berarti secara kualitas produk kita sudah diakui oleh mereka. Apalagi MRT perusahaan besar. Luar biasanya lagi, pihak pemesan memberikan uang muka dulu ketika sudah tanda tangan kontrak dengan produsen.” katanya dalam siaran pers yang diterima oleh Bisnis.com Senin (16/9/2019).

Syahnan menyebut, momen pameran yang rutin diselenggarakan di Negeri Singa bisa diikuti oleh UMKM di Indonesia untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar di sana.

Dia memberikan contoh, setiap bulan Ramadhan di Singapura terdapat pameran Ramadhan Fair yang digelar di -daerah-daerah yang potensial seperti China Town, Little India, Kampung Bugis, Sentosa, hingga Bandara Changi.

Sementara itu, Founder Singapore Guidebook (SGB) Tania Gromenko mengatakan, produk-produk UKM dari Indonesia sangat mudah diserap pasar negaranya karena keunikan dan kualitas

bahan bakunya. Dia mengaku tahu persis bahwa Indonesia sarat dengan orang-orang kreatif di industri kecil menengahnya.

“Sayangnya, belum banyak pelaku UKM yang mengekspor produk-produknya di wilayah Asia, atau minimal Singapura. Padahal, dari sisi harga dan mutu sangat kompetitif dan memenuhi standar global,” katanya.

Tania menambahkan, Singapura sebagai negara yang menjadi destinasi bisnis berbagai negara dunia memang memiliki potensi pasar yang sangat besar, tidak saja di bidang jasa, melainkan juga produk fisik seperti fesyen, makanan kemasan, suvenir, bahkan furnitur.

Pebisnis di Singapura, menurutnya sangat terbuka dengan pelaku usaha di Indonesia untuk menjalin kerjasama strategis, baik pameran, cross promotion maupun co-branding.

“Sebagai perusahaan jasa pemasaran dan periklanan, kami sering mempromosikan Singapura ke Indonesia. Kami yakin bahwa ini merupakan kesempatan bagi UMKM maupun korporat untuk bermitra dengan koleganya dari negara tetangga. Kami juga bisa membantu UKM untuk menghubungkan dengan penyedia layanan yang relevan dengan kebutuhan pemasaran mereka di Singapura,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper