Perpanjangan Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta Rampung November

Kementerian Perhubungan memastikan perpanjangan landasan pacu atau runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta bisa rampung dan beroperasi pada November 2019.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 08 September 2019  |  18:09 WIB
Perpanjangan Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta Rampung November
Dirut AirNav Indonesia Novie Riyanto (kiri), Dirjen Perhubungan Udara Polana, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Dirut AP II Muhammad Awaluddin memaparkan usai meninjau operasional runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (8/9/2019). - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, TANGERANG--Kementerian Perhubungan memastikan perpanjangan landasan pacu atau runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta bisa rampung dan beroperasi pada November 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proses pembebasan lahan sudah selesai dan kebutuhan sudah tercukupi. Adapun, proyek runway ketiga membutuhkan lahan seluas 216 hektare.

"Tanahnya sudah bebas semua, konstruksinya sedang dikerjakan. November [2019] sudah selesai," kata Budi usai meninjau operasional runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (8/9/2019).

Dia menjelaskan proses yang masih dilakukan hanya sebatas penyelesaian akhir saja. Bisa dikatakan sudah tidak ada kendala lagi dalam perpanjangan runway tersebut. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto mengatakan setelah proses kontruksi runway selesai dan siap digunakan, akan dilakukan proses publikasi kepada seluruh pengguna sesuai aturan internasional. 

"Namun, perlu ada beberapa poin yang perlu diperhatikan yang bersifat verifikasi, kalibrasi, dan penyesuaian secara bertahap," kata Novie. 

Penambahan kapasitas pergerakan pesawat, lanjutnya, juga akan dilakukan secara bertahap. Namun, kapasitas maksimal dapat mencapai 114 pergerakan pesawat per jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara soekarno hatta, Budi Karya Sumadi

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top