Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empat Operator Transportasi Umum Diklaim Siap Pakai Kendaraan Listrik

Kementerian Perhubungan memastikan empat perusahaan transportasi umum telah berkomitmen menggunakan kendaraan bermotor listrik.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 31 Agustus 2019  |  16:43 WIB
    Menhub Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan sebelum melakukan konvoi menggunakan kendaraan listrik di kawasan Monas, Sabtu (31/8/2019). JIBI/Bisnis - Rio Sandy Pradana
Menhub Budi Karya Sumadi saat memberikan sambutan sebelum melakukan konvoi menggunakan kendaraan listrik di kawasan Monas, Sabtu (31/8/2019). JIBI/Bisnis - Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan memastikan empat perusahaan transportasi umum telah berkomitmen menggunakan kendaraan bermotor listrik. 


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi respon yang baik dari para pelaku usaha di sektor transportasi, terkait upaya Kemenhub mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik untuk angkutan umum massal perkotaan.


“Beberapa operator transportasi yang sudah bersepakat untuk menggunakan kendaraan listrik diantaranya adalah Blue Bird, Go-Jek, Grab dan Transjakarta. Saya minta operator yang lain untuk mengikuti,” kata Budi saat menghadiri Pameran dan Parade Kendaraan Bermotor Listrik, Sabtu (31/8/2019).


Dia mengaku telah menyiapkan langkah-langkah untuk memberikan kemudahan-kemudahan kepada operator tersebut baik fiskal maupun non fiskal. Salah satu insentifnya seperti parkir gratis, pembebasan ganjil genap, dan daerah memberikan pengurangan pajak kendaraan. 


Pihaknya meminta para pelaku usaha sektor transportasi untuk mengkomunikasikan kepada Kemenhub jika ada hal-hal yang masih menyulitkan untuk dicarikan jalan keluarnya. Diupayakan agar angkutan umum segera beralih kepada angkutan listrik.


Budi menuturkan rapat tingkat menko dilaksanakan pada 8 September 2019. Seluruh pemangku kepentingan baik operator transportasi, industri otomotif, dan pengguna akan diikutsertakan.


"Kiya bahas sama-sama apa yang menjadi kemudahan-kemudahan yang harus dilakukan, sehingga ini jadi kongkret,” ujarnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi umum Kendaraan Listrik
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top