Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bappenas : Konsumsi Masyarakat Ditargetkan Tumbuh 5,29%

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan permintaan domestik yakni konsumsi masyarakat tumbuh 5,16% sampai 5,29% hingga 2024 ditopang paling banyak dari sektor infrastruktur.

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan permintaan domestik yakni konsumsi masyarakat tumbuh 5,16% sampai 5,29% hingga 2024 ditopang paling banyak dari sektor infrastruktur.

Berdasarkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, Bappenas memprediksi peningkatan konsumsi masyarakat didorong oleh peningkatan pendapatan masyarakat seiring dengan penciptaan lapangan kerja yang lebih besar, stabilitas harga, dan bantuan sosial pemerintah yang lebih tepat sasaran.

"Konsumsi pemerintah akan tumbuh rata-rata 4,13% sampai 4,23% per tahun didukung oleh peningkatan belanja pemerintah, baik pusat maupun transfer ke daerah," tulis Bappenas dalam dokumen tersebut dikutip Bisnis.com, Selasa (27/8/2019).

Target ini, menurut Bappenas, dengan asumsi ada kenaikan pendapatan negara utamanya penerimaan perpajakan.

RPJMN 2020-2024 juga menyatakan ekspansi perekonomi sepanjang waktu tersebut akan didorong oleh investasi khususnya melalui pembentukan modal tetap bruto yang ditargetkan 6,88% sampai 8,11%.

Guna mencapai target itu, investasi swasta baik asing maupun dalam negeri akan didorong melalui deregulasi prosedur investasi, sinkronisasi dan harmonisasi peraturan perizinan.

Target ini juga termasuk meningkatkan peringkat Easy on Doing Business (EoDB) Indonesia dari posisi 73 pada 2018 menjadi 40 pada 2024.

Nantinya peningkatan investasi ini juga akan didorong melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN), utamanya infrastruktur.

Hal ini tercermin dari peningkatan stok infrastruktur menjadi 50,0% PDB, dan belanja modal 2,3% sampai 2,8% pada 2024.

"Peningkatan investasi akan ditujukan pada peningkatan produktivitas yang akan mendorong peningkatan efisiensi investasi," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper