Yuk, Ketahui 5 Keseruan Naik Bus Dibandingkan Kendaraan Pribadi!

Menentukan jenis moda transportasi untuk perjalanan liburan ke luar kota sering kali menjadi hal membingungkan.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 23 Agustus 2019  |  07:47 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Menentukan jenis moda transportasi untuk perjalanan liburan ke luar kota sering kali menjadi hal membingungkan.

Apakah pergi dengan menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan transportasi umum seperti bus?

Masing-masing dari jenis transportasi tersebut tentunya memiliki banyak keunggulan.

Tapi tahukah Anda apa saja kelebihan yang dimiliki moda transportasi bus dibandingkan kendaraan pribadi untuk perjalanan berlibur? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Moda transportasi yang aman dan nyaman

Berdasarkan riset terkini dari Institut Penelitian Kesehatan Masyarakat Université de Montréal Kanada, diketahui bahwa naik bus jauh lebih aman ketimbang mengendarai mobil ke tempat tujuan.

Tingkat keamanan dan kenyamanan bus di masa sekarang juga dipengaruhi dengan armadanya yang senantiasa diremajakan, fasilitasnya pun lebih lengkap dari masa lalu.

Beberapa di antaranya bahkan memiliki fasilitas premium untuk memanjakan para penumpangnya.

Selain itu, Anda yang berlibur dengan menggunakan moda transportasi bus juga tidak akan direpotkan dengan urusan isi bahan bakar, atau harus memperbaiki kendaraan jika tiba-tiba mogok di tengah jalan. 

Dibandingkan menyetir kendaraan sendiri, menggunakan bus juga bisa membuat Anda memiliki waktu istirahat lebih banyak ketimbang ketika menyetir kendaraan pribadi.

Alhasil, Anda bisa lebih menikmati perjalanan setiap detiknya dengan mendengarkan musik favorit, mengobrol bersama teman seperjalanan, atau membaca buku.

2. Harga tiket bus lebih murah

Meski bus membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencapai tempat tujuan, namun soal harga tiket, moda transportasi bus sering kali diandalkan oleh para traveller on budget.

Sebagai contoh untuk liburan ke Yogyakarta, harga tiket bus tentunya jauh lebih murah berkali-kali lipat dibandingkan dengan moda transportasi umum seperti kereta api atau pesawat dengan fasilitas yang kurang-lebih sama.

Menggunakan bus juga terbukti lebih hemat dibanding dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pasalnya kendaraan pribadi yang digunakan secara terus menerus akan memerlukan biaya perawatan, bahan bakar, parkir, dan berbagai biaya lainnya yang tidak sedikit.

3. Memiliki rute perjalanan yang lengkap dan beragam

Berlibur dengan menggunakan bus terasa lebih santai dan seru karena Anda dapat mencapai tujuan tanpa perlu lelah menyetir.

Terlebih lagi, rute bus yang ditawarkan saat ini semakin beragam, sehingga Anda akan punya lebih banyak menjumpai pemandangan-pemandangan baru yang indah, baik alam maupun perkotaan. 

Tak hanya bisa menikmatinya saja, Anda juga sekaligus bisa menambah wawasan melalui hal-hal yang dilihat dari rute-rute yang dilalui.

4. Transportasi ramah lingkungan

Dengan naik bus, Anda bisa mendukung program mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

Pasalnya dengan menggunakan angkutan umum, tentu saja Anda akan mengurangi potensi peningkatan polusi udara. 

Dengan menggunakan bus juga, secara tidak langsung Anda telah ikut serta dalam memajukan program pemerintah dalam mengoptimalkan subsidi bahan bakar dan menanggulangi tingkat kemacetan akibat banyaknya jumlah kendaraan pribadi di jalanan.

Karena Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka jumlah kendaraan di jalanan akan berkurang satu.

Bayangkan jika lebih banyak orang memilih untuk naik bus ketimbang kendaraan pribadi? Kemacetan tentunya bisa diatasi dengan cepat.

5. Aksesibilitas yang mudah

Jika dibandingkan dengan moda transportasi lain, bus adalah salah satu transportasi umum yang sangat mudah untuk diakses.

Sebagai contoh, meskipun naik pesawat atau kereta hitungannya lebih cepat, namun aksesibilitasnya tidak semudah jika Anda naik bus. 

Dengan bus, Anda bisa tiba di tempat tujuan yang jaraknya lebih dekat dengan destinasi wisata atau bahkan rumah.

Ternyata, menggunakan bus untuk bepergian terbukti memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Apalagi saat ini Traveloka menyediakan layanan agen tiket bus online yang bisa membuat pengalaman Anda naik bus menjadi lebih menyenangkan.

Telah tersedia beragam operator bus dan travel terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih untuk menemani perjalanan liburan Anda.

Nikmati juga fasilitas pilih kursi yang berlaku pada beberapa PO bus.

Traveloka juga menawarkan Jaminan Tiket Resmi untuk menjamin bahwa seluruh tiket yang dijual Traveloka adalah tiket resmi.

Kini, tak perlu cemas lagi dapat tiket palsu atau kehabisan tiket untuk liburan ke luar kota naik bus, karena Anda bisa langsung memesannya di Traveloka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
transportasi, bus, Traveloka

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top