Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kajian Lokasi Ibu Kota Baru Sudah Selesai, Tinggal Diumumkan Presiden

Dua kajian mengenai struktur tanah dan dampak ekonomi sudah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 23 Agustus 2019  |  17:56 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. - Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo bakal mengumumkan lokasi calon Ibu Kota baru Indonesia, setelah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menyerahkan dua kajian terakhir.

"Jadi detail kajian yang kemarin masih diminta oleh Bapak Presiden mengenai ibu kota baru. Kedua detail itu mengenai struktur tanah dan dampak ekonomi," kata Bambang di Istana Negara, Jumat (23/8/2019).

Dia menambahkan, dua kajian mengenai struktur tanah dan dampak ekonomi sudah diserahkan ke Presiden Jokowi.

Setelah itu, Bambang mengharapkan Jokowi akan segera mengumumkan lokasi ibu kota baru yang berada di Pulau Kalimantan tersebut.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menegaskan bahwa lokasi ibu kota baru RI belum ditentukan oleh pemerintah. Ia sekaligus mengoreksi pernyataan sebelumnya yang menyebutkan bahwa ibu kota baru bakal berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur.

Dia menjelaskan bahwa Kalimantan Timur sejatinya merupakan salah satu alternatif lokasi untuk ibu kota baru selain Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

"[Itu] alternatifnya, kan kemarin itu antara lain sudah saya koreksi. Itu salah kutip saja," kata Sofyan usai menghadiri rapat dengan sejumlah kementerian dan Badan Pemeriksa Keuangan RI di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Pemilihan Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru sebelumnya disampaikan Sofyan usai menghadiri rapat di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Kamis (22/8/2019).

Menanggapi munculnya nama provinsi beribu kota Pontianak tersebut, Presiden Joko Widodo mengaku dia masih menunggu satu atau dua kajian sebelum memastikan lokasi akhir ibu kota baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bambang brodjonegoro Pemindahan Ibu Kota Ibu Kota Dipindah
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top